Bandung,21/01/2019 – SM Leadership Academy Telkom CorpU Desnaidi Aziz (Ides) membuka Great People Managerial Program (GPMP) III Batch 29 dan 30 di International Expansion (InEx) Room, Telkom Corporate University, Senin (21/1). Turut hadir para fasilitator GPMP III Batch 29 dan 30.

Mengawali arahan, Ides memaparkan journey mengenai proses pengembangan leadership sampai kompetensi yang dipersiapkan untuk GPMP III. “Bapak ibu rekan-rekan semua, setiap tahun akan dicatat dalam sebuah recordkepegawaiannya, yang kemudian masuk sebagai bahan dari committee career di tempat bapak ibu sekalian berada untuk masuk kedalam pool talent. Setelah masuk kedalam pool talent, ada yang mengikuti program-program assessment, dari sana beberapa di antaranya kemudian dipilih untuk mengikuti program pengembangan leadershipseperti GPMP, ada juga GPDP, ada juga GTP, dan beberapa program lainnya. Jadi itu sebuah proses yang panjang dan itu berlaku untuk seluruh band. Ujungnya hingga band II atau band I ada program yang bersifat ekslusif, program pengembangan dalam program pengembangan leadership tujuannya untuk menyiapkan leader-leaderuntuk pasar Direksi BUMN. Jadi, bapak ibu sekalian adalah bagian dari proses yang panjang. Proses yang panjang kita persiapkan, kalau nanti ketika menjadi kandidat atau menjadi talent-nya BUMN harus memenuhi 16 kompetensi dengan 96 key behavior, kita dari sekarang mempersiapkan itu. Sekarang untuk GPMP kompetensi yang disiapkan ada 14 kompetensi. Jadi selama lima hari ini akan diajarkan tentang kompetensi-kompetensi tersebut,” papar Ides.

Ides juga menjelaskan bahwa program ini didesain untuk bisa meningkatkan kompetensi-kompetensi tersebut dengan berbagai aktivitas dan kewajiban seluruh peserta GPMP III. Ides memaparkan bahwa program ini didesain agar bapak ibu sekalian bisa meningkatkan kompetensi-kompetensi tersebut. Selama lima hari akan menjalani aktivitas dan kewajiban seperti datang tepat waktu. Lalu saat ini datang masuk kelas dimulai dengan pre-test, nanti sorenya di post-test kembali, jadi selama berjalannya proses kelihatan mana yang mengikuti atau tidak. Sebelumnya ada beberapa tugas yang dimasukkan ke e-learning, selama di kelas akan observe oleh psikolog (ACI). Maka, key behavior akan terlihat, nanti di hari ketiga melakukan sosiometri untuk menilai satu sama lain serta membuat group project yang dipresentasikan di hari kelima. Setiap hari melaluli akses Diarium juga akan membuat After Action Review (AAR) di mana insight apa yang didapatkan dari pemahaman per topik setiap hari.

Ides juga menyampaikan kompetensi-kompetensi yang akan disampaikan selama pelaksanaan GPMP III ini. “Jadi dari 14 kompetensi, hari ini diajarkan tentang thinking skill yang fokusnya pada strategic management, besok akan bicara tentang business skill yang terdiri dari kompetensi tentang entrepreneurship, costumer orientation, creativity innovation, strategic relationship. Hari ketiga akan diajarkan tentang organizational skill yang terdiri dari execution focus. Hari keempat akan diajarkan tentang interpersonal skill yang terdiri dari nurturing people, chance leadership, postering teamwork, impact, influence,” jelas Ides.

GPMP III diselenggarakan selama lima hari dengan beberapa materi yang telah disiapkan fasilitator GPMP III Batch 29 dan 30 sesuai dengan kompetensi yang telah dijelaskan Ides sebelumnya. (ykb/Red01)

561 total views, 2 views today