Bandung – PT. Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) yang diwakili Head Pengembangan SDM Aris Kadarisma mengunjungi Corporate University dalam kegiatan benchmark serta lanjutan tahap pembentukan RNI Corporate University. Kedatangan tersebut disambut Coordinator Learning Account Manager (LAM) CorpU Oki Wiranto di TelkomGroup Leadership Building (TGLB) Barat Telkom Corpu, Kamis (24/1).

Oki menjelaskan bahwa CorpU tempat untuk men-transform orang secara cepat. “Inilah yang membuktikan bahwa ketika kita di-disrupt itu, biasanya merasa terancam zona nyamannya, kita bergerak. Telkom CorpU ini men-transform orang sedemikian cepat untuk mengantisipasi perubahan bisnis di dunia digital. Ini adalah tugas Telkom CorpU untuk transform orang secara cepat dan bisnis, digital ini ordenya sudah tidak tahu jumlahnya dan ini challenge kita sampai sekarang. Kita tidak top sekali tapi Telkom masih survive sampai sekarang. Jadi bisnis kita dijaga, pilarnya di digital sehingga kalau nanya Telkom soal digital itu kita ‘apa lu mau, gua ada (palugada)’, ” jelas Oki.

Oki mengatakan sharing apa yang sudah didapatkan dan berharap RNI juga memberikan insight. “Kita akan sharing baik apa yang sudah kita dapatkan dan kira-kira kelemahan kita di mana dan kami berharap dari RNI juga bisa memberikan insight lain. Maka, salah satu acaranya kita minta ada sharing dari RNI untuk mengetahui seperti apa dan nanti dalam perjalanannya ketika benchmark ini ambil positifnya saja”, kata Oki

Aris mengatakan ingin membangun Corporate University dari awal. “Memang kami ini ingin membangun CorpU dari awal, artinya walaupun secara perusahaan sudah berusia 54 tahun tapi untuk learning kita agak ketinggalan jadi kami ini cukup rutin melaksanakan program-program pelatihan dan pengembangan tapi secara formal. Kami belum memiliki fasilitas yang tetap jadi kami lebih banyak bekerja sama dengan pihak-pihak eksternal. Kami juga punya sebuah lembaga di mana PT. RNI itu selaku donator di Lembaga Pendidikan Perkebunan di Yogyakarta,” kata Aris.

Aris menuturkan ada keinginan dari direksi PT. RNI untuk membuat Corporate University terkait dengan kebutuhan pengembangan SDM. “Setahun terakhir ini agak nge-tren istilah CorpU. Jadi, kalau di Telkom ada prosesnya kemudian sampai ada tulisan center of excellence sekaligus Telkom Corporate University. Nah mulailah juga di BUMN-BUMN sekarang ini pada sibuk mendirikan CorpU. Kami sendiri tidak dikatakan latah tapi memang ada keinginan dari direksi, dikaitkan dengan kebutuhan untuk pengembangan SDM dan mempersiapkan people. Kami diarahkan untuk bisa membentuk sebuah unit RNI CorpU,” tutur Aris.

Aris berharap dalam kesempatan tersebut bisa diberikan informasi untuk memiliki pemahaman lebih baik mengenai proses pembentukan CorpU di RNI. “Dalam kesempatan ini kami berterima kasih sekaligus juga mohon dibimbing, bisa diberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada teman-teman yang hadir, juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya-tanya. Sehingga kita memiliki pemahaman lebih baik mengenai bagaimana proses pembentukan Corporate University ini di RNI,” harap Aris.

Setelah sambutan, kegiatan dilanjutkan pemaparan materi terkait knowledge management yang disampaikan SM Knowledge Mgt. and Case Study (KMCS) Agung Sutanto AS beserta tim dan campus visit untuk melihat infrastruktur CorpU. Untuk hari kedua, RNI melakukan workshop lanjutan tahapan pembentukan RNI Corporate University. (ykb/Red01)

550 total views, 1 views today