Jakarta – Program HackIdea merupakan program yang diinisiasi Dit HCM untuk mendorong tumbuh kembangnya inovasi di TelkomGroup dan kembali dilaksanakan pada 2019 dengan tajuk HackIdea#1 2019. Setelah HackIdea#1 2019 menerima ide-ide dari karyawan TelkomGroup, dilakukan seleksi terhadap ide yang masuk. Dari 227 usulan inovasi yang masuk, terpilih sejumlah 120 inovasi yang layak mengikuti event HackDays. Event HackDays dilaksanakan selama dua hari secara serempak di tiga kota yaitu Jakarta, Surabaya dan Makassar, Selasa-Rabu (29-30/1).

Dari 120 tim yang lolos, salah satunya tim dari CorpU yang terdiri dari Sonny Komara, Essywarti Bahar, dan Mega Aulia. Judul ide inovasi yang diangkat adalah SURKITUR (Telusur Hirarki Peraturan). Saat pendaftaran, Tim SURKITUR harus menyertakan video singkat mengenai gambaran inovasi dimaksud. Selain itu, usulan inovasi harus dihasilkan suatu tim terdiri dari 3 orang (sebagai CEO, CTO dan CMO).

Sebelum berangkat ke Hackdays, setiap tim diwajibkan melakukan Design Sprint di tempat masing-masing. Design Sprint ide SURKITUR dilakukan pada Senin (28/1) di Gedung N Telkom CorpU Bandung dibimbing Poedji Oetaminingsih yang merupakan seorang Sprint Master. Hasil Design Sprint menghasilkan journey baru dengan memasukan faktor pain untuk menajamkan siapa user, bagaimana proses dan apa goalnya. Hasil Design Sprint dijadikan bekal untuk bahan presentasi pada sesi pitching di event HackDays.

Event HackDays memberikan pembekalan pada setiap tim dengan kiat-kiat agar sukses dalam pitching. Pemberi kiat dilakukan CEO AMA CorpU Arif Rudiana dan perwakilan tim-tim yang sukses memasuki fase inkubasi periode HackIdea sebelumnya. Perwakilan tim terdiri dari Gama, Amelia Afiyanti dan Purwanto. Mereka membagi pengalaman dan memberi motivasi mengenai manfaat yang diperoleh dengan mengikuti HackIdea antara lain seperti pengakuan dan pengalaman berharga serta dukungan manajemen pun cukup besar.

Hari kedua HackDays diberikan suntikan motivasi oleh CHCO TelkomGroup Herdy Harman yang menekankan bahwa melalui inovasi, suatu perusahaan dapat bertahan di tengah pusaran kompetisi. Oleh karena itu, manajemen berharap setiap karyawan dapat berinovasi dalam pekerjaannya meskipun pada hal-hal kecil.

Sesi selanjutnya pitching, di mana setiap tim masing-masing selama 3 menit diberikan kesempatan melakukan presentasi ide inovasi (pitching) di hadapan para juri.

Setelah selesai proses penilaian pitching di event hackdays, akan terpilih 20 tim terbaik untuk didorong ke fase inkubasi yg dikelola Amoeba pusat. Sementara itu, 100 tim lain akan dikelola di Amoeba Management yang berlokasi di regional masing-masing. Hal yang membedakan antara dua kelompok tim tersebut berada pada nilai dukungan pembiayaan.

Harapannya, Tim CorpU dapat lolos ke tahap 20 inovasi terbaik dan menjadi inovasi yang dapat memberikan kontribusi bagi kejayaan TelkomGroup. (sonypnc/nwl/Red01)

333 total views, 1 views today