Bandung – Pelatihan Sertifikasi IP Fundamental merupakan sarana pembelajaran dan pelatihan untuk mengikuti Ujian Sertifikasi TCIF agar peserta pelatihan khususnya berbasis teknik diharapkan semua lulus pada sertifkasi yang akan dilakukan, Jumat (18/2).

Peserta yang mengikuti Ujian Sertifikasi TCIF berjumlah 28 orang terdiri dari 18 orang Unit Direktorat NITS & DSS dan 10 orang dari PT TA Seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan fasilitator Group Of Faculty Member Sugito yang memberikan pelatihan sekaligus pembukaan saat acara Pelatihan Sertifikasi IP Fundamental. Sugito memaparkan tujuan dari pelatihan yaitu untuk memberikan konsep OSI Layer yang terdiri dari 7 Layer. Dalam pelatihan yang dilakukan secara nyata hanya TCP IP Protocol yang dipakai. Selain memberikan konsep kepada peserta pelatihan, juga agar memahami konsep secara menyeluruh mengenai OSI Layer maupun TCP IP Protocol yang ditujukan khusus peserta pelatihan berbasis teknik yang berada di lingkungan Telkom.

Kegiatan dilakukan selama lima hari yaitu Senin-Jumat (18-22) di mana peserta akan dibekali modul pembelajaran dan sebelum akhir penutupan diberikan Ujian Sertifikasi TCIF. Pembelajaran modul selama lima hari ke depan antara lain membahas Protocol TCP IP yang terdiri 4 Layer di antaranya, Networking Interface Layer, Internet Layer, Trasport Layer, dan Application Layer yang akan dikupas lebih detail dan panjang di TCIF dan Bootcamp Fundamental.

Sebelum memasuki materi modul pembelajaran dalam kegiatan selanjutnya, Sugito menambahkan juga alasan pelaksanaan kegiatan ini. “Seluruh servis diselenggarakan Telkom sekarang ini berbasis Teknologi IT, tidak ada lagi berbasis PDM. Sehingga menurut saya, dengan memberikan pemahaman kepada seluruh peserta yang berbasis teknik. Mudah-mudahan dapat menyukseskan program servisnya Telkom Indonesia,” ujar Sugito.

Harapan yang disampaikan Sugito bahwa selama Pelatihan Sertifikasi TCIF berlangsung agar semua peserta khususnya berbasis teknik mendapatkan hasil tes yang bagus dan lulus sehingga dengan ditingkatkan pemahaman TCP IP Protocol. Dalam pelatihan akan membantu permasalahan IT yang berada di lingkungan Telkom. (sdy/nwl/Red01)

711 total views, 1 views today