Yogyakarta – Pelatihan Pembekalan Purnabakti (KalpurtI) Batch 1 Jogjakarta berlangsung di Edelweis Ball Room Hotel The Rich Jogja, Jogja City Mall jl. Magelang 18 Sleman Yogjakarta, Selasa-Jumat (12-15/2). Setiap peserta sesuai dengan nota dinas panggilan diharapkan memilih tempat magang bisnis pada UMKM dan memilih ketua kelompoknya.

Salah satu kelompok yang selalu paling diminati peserta adalah Batik Tulis Warna Alami. Batik Tulis pimpinan Budi Harjono adalah salah satu mitra binaan CDC Telkom Yogyakarta. Lokasi batik terdapat di Dusun Pandak Srandakan Bantul tepatnya daerah pegunungan kapur yang hanya bisa ditempuh dengan kendaraan kecil. Kuota untuk tempat magang hanya berjumlah maksimal 15 peserta.

Saat registrasi, Batik Tulis pasti yang paling pertama penuh pesertanya. Di lokasi praktik langsung dipimpin Budi Harjono sendiri. Praktik mulai dari memilih kain, menggambar motif, membatik menggunakan canting, proses pewarnaan dan perebusan, sampai proses pengeringan.

Semua peserta asik dengan kainnya masing-masing dan menyelesaikan tahapan membatik sampai seluruh proses selesai dilakukan. Hasil dari proses membatik ini akan dibawa pulang oleh peserta.

Terdapat hal unik di tempat tersebut, snack yang disiapkan Ibu Budi selalu berbentuk rebusan kue tradisional seperti pisang, kacang dan ketela serta tak ketinggalan gethuk. Selanjutnya pada sesi istirahat siang akan disuguhkan menu makan siang khas angkringan Pak Budi yang terdiri dari Ingkung ayam kampung, Gudeg Manggar, dan Sayur daun Kelor. Makanan tradisional dan mendukung hidup sehat. Semua peserta merasa puas mengikuti kegiatan membatik. Bravo Telkom CorpU (team CorpU Semarang/Red01)

259 total views, 2 views today