Balikpapan – Expert Group of Faculty Member CorpU Roosnelly Wahyuning Setiotirini dalam membuka Pelatihan MC dan Public Speaking for Training Support Learning Area Batch 3 selama dua hari, Kamis-Jumat (20-21/2). Hadir mengikuti 14 peserta yang berlangsung di kelas Executive LA 6 Balikpapan.

“Percaya diri adalah kunci utama sukses pembawa acara,” ujar Roosnelly Wahyuning Setiotirini.

Acara diawali dengan ucapan selamat datang di kota Balikpapan oleh Manager LA 6 Balikpapan Hilman Trihendarwan kepada seluruh peserta. Selanjutnya, Hilman mengucapkan terima kasih kepada manajemen CorpU yang telah memberikan kepercayaan untuk pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Pada kesempatan yang sama, kegiatan dilanjutkan dan dibuka resmi oleh Executive Learning AM Corpu Hendro Isvandiana mewakili manajemen CorpU. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran LA-6 Kalimantan yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan selama dua hari dengan baik dan lancar serta sukses.

Selanjutnya, Hendro Isvandiana menyatakan bahwa Pelatihan MC dan Public Speaking menandakan keseriusan management CorpU dalam meningkatkan capability karyawannya. Tak hanya karyawan organic namun tenaga support pun mendapatkan perhatian yang sama, khususnya di bidang Public Speaking. Meningkatnya volume kegiatan seperti pelatihan Leadership maupun Non Leadership baik dari internal maupun eksternal di mana membutuhkan MC yang andal dan cukup banyak.

Sehubungan hal tersebut, awal Januari tahun 2019, Learning Operation CorpU menginisiasi untuk mengadakan Pelatihan MC, Public Speaking dan Grooming. Pelatihan Batch 1 sejumlah 15 peserta dan Batch 2 sebanyak 11 peserta, sehingga total saat ini CorpU sudah memiliki 26 MC baru yang sudah siap tampil di berbagai event CorpU.

Di luar dugaan pelatihan MC, Public Speaking dan Grooming membuahkan hasil begitu luar biasa, para peserta diberikan ALP selama sebulan dan dapat tampil luar biasa di event-event formal, semi formal dan non formal. Hal tersebut membuat keyakinan Management CorpU bahwa harus berani melakukan sesuatu yang out of the box serta memberikan kesempatan kepada generasi baru untuk tampil dan kaderisasi harus dilakukan sesegera mungkin. Terbukti ketika kesempatan dan pembinaan dalam bentuk pelatihan diberikan, hasilnya begitu luar biasa. Berdasakan hasil Pelatihan Batch 1 dan 2 tersebut, maka dilanjutkan Pelatihan untuk seluruhTraining Support Learning Area CorpU.

Roosnelly menyampaikan bahwa peran seorang MC begitu penting dalam memandu dan menjaga kontinuitas sebuah acara. Hal terpenting lainnya adalah percaya diri, untuk menjadikan seorang MC percaya diri harus digali dari sisi personal value-nya, juga seorang MC harus mengetahui acara apa yang akan dibawakan, termasuk siapa audiensnya, siapa pejabat penting yang akan hadir dan tak kalah pentingnya adalah materi tata busana yang akan dipakai harus sesuai dengan acara yang akan dibawakan. Maka diberikan materi grooming atau tata busana dan etika juga etiket dalam berperilaku.

Alasan harus berpenampilan baik adalah karena kita adalah representasi dari perusahaan, harus menjaga image perusahaan, citra diri dan kunci sukses seseorang. Pelatihan dilakukan dengan sangat atraktif, di mana pemateri dan peserta terlibat interaksi yang dinamis karena metode yang digunakan lebih banyak praktik, studi kasus dan teori. Pre dan Post test dilakukan dengan on line, games on line, Video, Role Play dan terakhir semua peserta tampil dalam bentuk MC CorpU Idol di mana semua peserta tampil dan diberikan masukan oleh 4 orang Dewan juri.

Para peserta pada pelatihan MC dan Public Speaking begitu antusias terlihat dari testimoni peserta yang menyatakan baru kali ini pelatihan begitu seru dari awal hingga akhir, sarat dengan implementasi langsung dari teori yang diberikan dan dikoreksi langsung oleh pemateri sehingga begitu bermanfaat bagi peserta.

Acara ditutup dengan pengumuman 6 peserta terbaik yaitu Sri Kumala Manja Learning Area 7, Muhammad Yusuf Learning Area 7, Haima Chairinna Learning Area 5, Chaerunissa Safira Indah Agriani Learning Area 5, Aay Sriraya Learning Area 4 dan Helda Dahlan Learning Area 6 Kalimantan.*(HT-RN/Red01)

233 total views, 1 views today