Yogyakarta – Baru saja berakhir Pelatihan Kalpurti Batch 2 Yogyakarta pada 19-22 Februari 2019 di hotel Grand Mercure Jalan Laksda Adisucipto No. 80 Sleman. Peserta yang datang banyak berasal dari daerah Jakarta, Bandung dan kota-kota kecil di Jawa Barat.

Banyak sekali yang menyampaikan kenangan dan pengalaman saat berada di kota Istimewa Ngayojokarto Hadiningrat di mana kota budaya tersebut dikenal dalam bahasa aslinya.

Area sekitar Jalan Malioboro atau nama aslinya Jalan Margo Utomo (Jalan menuju keutamaan / kebaikan) masih menjadi tujuan utama wisatawan ke Yogyakarta. Tak terkecuali para peserta pelatihan Kalpurti yang memposting foto-fotonya saat berada di tempat tersebut. Selain menikmati Malioboro, juga dilanjutkan ke sekitar Pasar Beringharjo, pasar tradisional dan gabungan pasar modern yang banyak menjual aneka sovenir dan baju-baju batik yang murah harganya.

Selain itu, dapat menikmati jalan-jalan dengan menggunakan becak yang harganya sangat terjangkau, bisa diantar belanja oleh-oleh khas Yogyakarta Bakpia Pathuk. Tukang becak biasanya akan mengantar ke pabrik pembuatan Bakpia di daerah Pathuk. Wisatawan tinggal memilih Bakpia yang masih panas dalam proses pemasakan dan pembuantanya. Selain itu juga bisa diantar keliling menuju Kraton dan Masjid Gede Kauman dan alun-alun utaranya.

Ada juga yang menikmati kenangan dari lagu masa kanak-kanak, Naik Delman atau Andong Istimewa. Andong akan berputar mengelilingi kawasan Maliboro. Kita seakan-akan dibawa ke masa kanak-kanak dengan bapak dan ibu naik Delman Istimewa. Tak hanya ada di lagu, namun bisa dinikmati secara langsung.

Selanjutnya juga ada yang mencari-cari kuliner khas Yogyakarta seperti bakmi jowonya yang begitu terkenal. Untuk kuliner yang satu ini, ada yang unik dengan konsep kandang sapi di Bakmi Mbah Gito. Tempatnya dibuat dari kayu-kayu lama yang mirip dengan kandang untuk memelihara sapi zaman dulu.

Kenang-kenangan dari peserta Kalpurti Yogyakarta tentu tidak bisa begitu saja dilupakan, bisa kembali lagi datang ke Yogyakarta untuk menikmati tempat-tempat wisata lainnya. Bravo Telkom CorpU (~team CorpU Semarang/Red01)

 

351 total views, 1 views today