Surabaya – Pembinaan Rohani (Binroh) Islam LA 5 kali ini mengangkat sebuah materi atau tema begitu penting bagi arti kehidupan yaitu “Tafakur Kepada Allah SWT”. Hadir pemateri adalah rekan Toton yang keseharian sebagai dosen Institut Teknologi Telekomunikasi Telkom Surabaya (ITTS). Binroh dilaksanakan di Musala LA-5 Baitul Ilmi Jalan Gayungan PTT No. 17-19 Surabaya, Kamis (28/2).

Tafakur adalah upaya yang istiqomah dalam mengingat Allah SWT dan mengingat akhirat untuk memperoleh ketenangan, kesabaran dan ketentraman dengan cara selalu muhasabah mengisi kehidupan sehingga kehidupan sosial semakin bermakna untuk dunia dan akhirat. Sebab tafakur adalah pangkal segala kebaikan dan amal perbuatan yang baik. Apalagi jika kita selalu melakukan muhasabah, maka perilaku diri sendiri selalu positif dan bernilai ibadah.

Kemudian, Toton memberikan ilustrasi tentang arti kehidupan dan tentang apa sebenarnya yang dicari dalam mengarungi kehidupan di dunia yang fana. Ilustrasi pertama yaitu menggambarkan seorang hidupnya biasa-biasa saja, latar belakang pendidikan dan status sosialnya juga biasa dan tergolong ekonomi lemah. Ternyata orang ini mendapat nikmat Allah berupa istiqomah dalam beribadah, shalat 5 waktu di masjid, tiap hari bisa bekumpul dengan anak istri dan silahturahmi dengan kerabat. Ternyata perilaku istiqomah sebenarnya sebuah nikmat Allah.

Pada sisi lain, Toton menggambarkan seorang yang sukses dan karirnya bagus, tapi sayangya jarang ibadah 5 waktu alias tidak istiqomah karena kesibukan luar biasa, membuatnyaajarang sholat. Ia hanya mementingkan duniawi ketimbang akhirat. Bahkan ia jarang ketemu anak istri dan kerabat. Suatu saat kedua orang yang diilustrasikan dipanggil Sang Maha Pencipta Allah SWT. Orang yang pertama meninggal dunia khusnul khotimah, lalu masyarakat memujinya karena amalan baiknya dan istiqomah. Sedangkan orang kedua saat meninggal dunia su’ul khotimah.

Toton mengakhiri sharing dengan harapan bisa menjadi renungan bersama tentang apa sih yang dicari dalam hidup . Maka, hal baik adalah selain karirnya bagus, shalatnya juga harus istiqomah. (CorpUSurabaya/Red01)

308 total views, 1 views today