Surabaya – Tak seperti biasanya, rapat kali ini dilaksanakan di ruang rapat Manager LA-5 Jalan Gayungan PTT No. 17-19 Surabaya usai rekan-rekan melaksanakan ibadah shalat Jumat (1/3).

Berbeda seperti biasanya, sebab yang sering dilakukan Manager LA-5 Vini Kusvini adalah rapat Rabuan secara rutin. Hal tersebut disebabkan padatnya aktivitas di minggu pertama dan kedua, sehingga Vini harus melakukan terobosan koordinasi dengan seluruh jajaran. Harapannya, aktivitas minggu pertama dan kedua berjalan lancar sesuai dengan rencana.

Pada rapat kali ini, Vini meminta masukan, saran atau ide dari jajarannya dengan harapan kualitas pelayanan kepada customer dalam hal peserta pelatihan meningkat lebih baik. Bahkan lebih dari itu, jika ada ide berupa inovasi bisa diusulkan. Menjaring ide dan inovasi sebenarnya mirip konsep inovasi ala Hack Idea, hanya sifatnya instan dan tidak terlalu teknis. LA-5 sebagai penyelenggara pelatihan ingin secara terus menerus melakukan improvement pelayanan.

Dalam hal menjaring ide, Vini mengatakan, bahwa jika rekan-rekan pelatihan di LA lain luar LA 5, maka sebenarnya merupakan kesempatan untuk “melirik” kelebihan LA lain tersebut. Sehingga secara tak langsung rekan-rekan sudah melakukan benchmark, di mana gilirannya muncul inspirasi berupa ide untuk dijadikan usulan kepada manajemen LA-5. Konsep benchmark sendiri sebenarnya sederhana, yaitu 3N, artinya Ndelok-Niru-Nambah (Melihat-Meniru-Menambah). Jadi kalau ada yang baik bisa ditiru dan jika memungkinkan ditambah agar lebih baik.

Dari penjaringan ide dinilai bagus, seperti salah satu ide agar di salah satu ruangan didesain tanpa atap dengan dipasang lampu “downlight”, sedikit artistik, sesuai gaya milenial sehingga menciptakan suasana berbeda di mana menjadi lebih nyaman dan produktivitas lebih baik. Bila “melirik” ruang kerja kantor google melalui browsing internet, maka konsep ruang kerja memang didesain senyaman mungkin. Benchmark melalui browsing tersebut sudah bisa mendapatkan inspirasi yang kemudian dituangkan menjadi ide.

Selain menjaring ide, ada sebuah pembahasan yaitu fasilitas sarana dan pra sarana yang perlu dipersiapkan menyongsong padatnya kegiatan di minggu pertama dan kedua. (CorpUSurabaya/red01)

251 total views, 1 views today