Bandung – Sesuai dengan Nota Dinas dari Business Enabler Academy Nomor C.Tel 116/PD 000/TCU-18000000/2019 tertanggal 26 Februari 2019, maka sejumlah 25 karyawan organik dan non organik dari seluruh Learning Area dan Telkom CorpU Bandung diundang untuk mengikuti pelatihan jurnalistik dan foto jurnalistik di kampus Telkom Corporate University Center (TCUC). Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, di Jalan Gegerkalong Hilir No. 47, Bandung, Senin-Rabu (4-6/3).

Pada hari pertama dan kedua, peserta pelatihan mendapatkan materi dari Fotografer internal HC Comm Suleksono tentang fotografi jurnalistik. Suleksono berharap nantinya peserta pelatihan mampu menguasai dasar fotografi, komposisi fot dan teknik memotret tentang feature, human interest, dan news in the spot. Ia juga menambahkan bahwa peserta harus menguasai tema, photo angle, memiliki referensi dan melakukan riset sebelum terjun ke lapangan.

Suleksono mencontohkan tentang obyek yang akan difoto yaitu jika objek yang akan difoto adalah event Fun Bike, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan antara lain menentukan tema, Finding Photo Angle, dan have the reference di mana terlebih dahulu melakukan survey rute-rute yang akan dilewati. Jarak tempuh fun bike cukup panjang dan berliku, maka perlu dibentuk tim. Jika fotografer hanya seorang, maka akan mendapatkan sedikit angle dan kurang menarik.

Sulekso pun menjelaskan teknik editing, framing, pengaturan shutter speed, lighting, aperture, foto block, exposure, F-stop, ISO/ASA, dan creating jurnalistic photography sehingga memudahkan para peserta pelatihan untuk memahami dasar pofotgrafi.

Pada hari terakhir, peserta pelatihan mendapatkan materi terkait dokumentasi dan penulisan yang baik sehingga dapat meningkatkan citra positif perusahaan dan memiliki nilai seni sebagai dokumen otentik atau evidence atas sebuah kegiatan. (Nwl/Red01)

234 total views, 2 views today