Semarang – Saat ini, CorpU Semarang sedang berlangsung sertifikasi bagi Team Leader Plasa Telkom dengan istilah TCCCP (Telkom Certified Customer Care Professional) bekerja sama dengan TPCC (Telkom Professional Certification Center) Bandung.

Tujuan sertifikasi untuk menyiapkan dan membekali customer service representative (CSR) yang dalam pekerjaannya akan berfungsi sebagai supervisor atau team leader di Plasa. Team leader adalah CSR non organik Telkom, yang selanjutnya akan bertugas sebagai Supervisor plasa. Hal ini seiring tak adanya Karyawan Organik yang ditugaskan di Plasa Telkom.

Seorang team leader (TL) Plasa akan bertanggung jawab atas keseluruhan proses yang dilakukan CSR sesuai dengan Code Of Conduct (CoC). TL juga bertanggung jawab menyelesaikan permasalahan pelanggan yang belum tuntas di meja CSR dalam bentuk penyelesaian eskalasi maupun interupt langsung dalam layanan.

Selama sertifikasi akan diberikan materi-materi tersebut dan dipraktikkan dengan menggunakan metode Role Play. Selanjutnya, pada akhir proses sertifikasi akan dilakukan ujian secara tertulis dan praktik dengan menggunakan metode Role Play juga. Seorang TL dinyatakan lulus jika memperoleh nilai rata-rata minimal 82,5.

Team Leader akan melakukan pendalaman materi dengan cara Role play meliputi Code Of Conduct layanan di Plasa Telkom, Eskalasi (layanan yang belum tuntas diselesaikan oleh CSR), Interupt (Layanan yang dimungkinkan tidak bisa handle oleh CSR saat itu), morning dan evening Briefing. Role play menjadi kekuatan skill bagi TL akan kemampuan menjadi seorang supervisor sekaligus leader di Plasa Telkom.

Dengan mempraktikkan sesuatu dengan benar, maka kebenaran akan menempel terus pada diri sendiri. Bravo Telkom CorpU (team CorpU Semarang/Red01)

628 total views, 1 views today