Surabaya – Pembukaan pelatihan SAP (System Application and Product in Data Processing) Modul MM berlangsung di Lantai 2 Kampus Telkom CorpU Surabaya Jalan Gayungan PTT No.17-19 Surabaya, Senin (18/3).

Pelatihan diikuti 26 peserta karyawan se-Jatim Balnus. Hadir pemateri adalah Manager Finance Application System Telkom Corporate M. Arnadi dan Accounting Internal Company Ditkug Telkom Salman Abdurrahman.

Mengingat sebagian peserta pelatihan rata-rata belum mengenal SAP, maka Arnadi mengawali materinya dengan overview menceritakan sedikit tentang perjalanan aplikasi SAP di Telkom. Arnadi menjelaskan bahwa Telkom mengimplementasikan SAP dari Jerman sejak 1995 yaitu perusahaan di Jerman yang merupakan perusahaan perangkat lunak terbesar di Eropa. Keandalannya sebagai sebuah aplikasi pendukung ERP (Enterprise Resource Planning) membuat SAP banyak digunakan berbagai perusahaan besar di Indonesia, walaupun harga yang harus dikeluarkan untuk implementasi dan yearly licence & maintenance tidak bisa dikatakan murah.

“Diawali tahun 1995 SAP diimplementasikan di Regional-1 Medan, 1996 di Regional-6 Kalimantan, 1997 di Regiona-4 Jawa Tengah, 2004 di Regional-2 Jakarta dan dan Regional-5 Jawa Timur hingga sekarang diimplementasikan secara Nasional, yaitu untuk seluruh regional. Bahkan hampir seluruh BUMN mengaplikasikan sistem ini untuk reporting dan proses operasional dan sistem ini bisa menyajikan multi reporting,” jelas Arnadi.

Sementara itu, Salman yang juga pemateri menginformasikan bahwa dalam pelatihan selama 3 hari akan banyak praktik langsung sehingga pesannya agar dimanfaatkan secara maksimal. Ditambahkan lagi, bahwa aplikasi SAP di Telkom adalah tuntutan teknologi yang berstandar international, banyak perusahaan yang listing di NYSE menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi SAP untuk perencanaan, processing dan reporting yang bersinggungan dengan keuangan, anggaran dengan logistik, sehingga teman-teman yang job-tittle-nya di bidang keuangan dan logistik begitu tepat mengikuti pelatihan ini. (Telkom CorpUSurabaya/red01)

374 total views, 1 views today