Surabaya – Binroh (Pembinaan Rohani) dalam bentuk Kultum (kuliah tujuh menit) di Telkom CorpU LA-5 Surabaya yang kali ini diisi rekan Walid Dosen Institut Teknologi Telekomunikasi Surabaya (ITTS). Kultum kali ini dilaksanakan bakda shalat Ashar dengan tema “Pemimpin Yang Adil” di Musala LA-5 Baitul Ilmi Jalan Gayungan PTT No. 17-19 Surabaya, Kamis (28/3)

Khalifah Umar Bin Khattab diakui rakyatnya begitu menjunjung tinggi keadilan pada masa pemerintahannya. Kepemimpinan yang diwariskan Rasulullah SAW pada umat serta pengikutnya membuktikan jika Islam adalah pondasi yang tangguh. Selain harus kuat iman dan takwanya, kepemimpinan dalam Islam membutuhkan leadership dan juga teladan nyata. Para khalifah pewaris Rasulullah telah membuktikan hal ini termasuk Umar Bin Khattab.

Dalam buku Khulafaur Rasul Shallallahu Alayhi Wasallam, Syeikh Khalid Muhammad Khalid menjelaskan gaya kepemimpinan Umar Bin Khattab dengan gamblang. Umar adalah sosok pemimpin yang sama sekali tidak merekayasa pencitraan dirinya. Umar muncul sebagai pemimpin yang secara nyata memberikan solusi pada setiap permasalahan yang menimpa rakyatnya.

Dalam sebuah hadisnya Rasulullah pernah mengabarkan betapa luasnya pengaruh Islam di masa Umar bin Khattab radhiallahu ‘anhu. Beliau bersabda “Aku bermimpi sedang mengulurkan timba ke dalam sebuah sumur yang ditarik dengan penggerek. Datanglah Abu Bakar mengambil air dari sumur tersebut satu atau dua timba dan dia terlihat begitu lemah menarik timba tersebut, semoga Allah Ta’ala mengampuninya. Setelah itu datanglah Umar bin al-Khattab mengambil air sebanyak-banyaknya. Aku tidak pernah melihat seorang pemimpin abqari (pemimpin yang begitu kuat) yang begitu gesit, sehingga setiap orang bisa minum sepuasnya dan juga memberikan minuman tersebut untuk onta-onta mereka.” (CorpU_Surabaya/Red01)

435 total views, 1 views today