Semarang – Materi Communication Skills diberikan oleh Roosnelly Wahyuning Setiotirin pada Pelatihan Menulis sesuai kaidah Jurnalistik berlangsung di ruang Indigo Hall CorpU Semarang, Kamis (28/3). Hadir 22 peserta Unit Sekretariat TR 4 Semarang.

Unsur atau Elemen yang harus ada dalam proses komunikasi adalah Who, Says What, In Which Channel, To Whom, With What Effect yaitu Siapa, Mengatakan Apa, Melalui Saluran Apa. Kepada Siapa, Dengan Efek Apa. Hal tersebut penting diketahui oleh pengirim pesan ketika akan melakukan komunikasi dengan orang lain sehingga bisa tepat sasaran.

Perilaku seseorang dalam berkomunikasi ada tiga jenis yaitu Submisif, Asertif dan Agresif. Seseorang dikatakan Sumisif apabila orang itu merasa I’m not OK, but You’re OK”. Namun bila seseorang dikatakan Asertif, artinya dirinya I’m OK, and You’re OK”, sedangkan perilaku Agresif bila seseorang merasa I’m OK, but You’re not OK”.

Roosnelly mengatakan bahwa hal lain yang tak kalah penting dalam proses komunikasi adalah Listen, Think and Speak. Tak mudah bagi seseorang untuk mendengarkan dengan baik lawan bicaranya, setelah mendengar barulah berpikir apa yang ingin disampaikan. Kemudian, dilanjutkan dengan tindakan bicara, di mana sering terjadi adalah kebalikannya bicara dulu, berpikir baru mendengar.

Interaksi antara fasilitator dan peserta begitu menarik, karena pelatihan tidak mengutamakan teori namun praktik, role play, dan video yang dikemas dengan begitu baik. Hal tersebut menambah antusias peserta dalam menerima materi pelatihan yang berlangsung dua hari Rabu-Kamis (27-28/3). (CorpU Semarang/Red01)

393 total views, 2 views today