Belitung – Menindaklanjuti kegiatan BUMN Great Leaders Camp yang sudah dilaksanakan Maret lalu (10-12/3), kali ini digelar acara “BUMN Great Leaders Camp: Action Learning Program (ALP) Report”, Selasa (2/4). Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel BW Suite Belitung. Hadir para para Dirut BUMN dan Eselon I & II Kementerian BUMN.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro menyampaikan bahwa program tersebut merupakan program lanjutan dari kegiatan BUMN Great Leaders Camp yang dilaksanakan di Sespim Polri Lembang pada 10-12 Maret. Pertemuan saat ini merupakan waktu untuk melaporkan penyelesaian atau perkembangan program dari Development Plan SNO 2 dan melaporkan tindak lanjut sesuai rencana tindakan dalam rangka realisasi penugasan Menteri BUMN terkait berbagai isu terkini BUMN.

Imam juga menyampaikan bahwa kegiatan kali ini diikuti peserta sejumlah 184 peserta, 24 orang Eselon I dan II dari Kementerian BUMN dan 160 peserta dari BUMN serta beberapa tambahan peserta dari Anak Perusahaan.

Dirut Alex J. Sinaga (AJS) yang juga merupakan salah satu peserta kegiatan tampil sebagai pimpinan group Garuda yang mempresentasikan program dari Development Plan SNO 2 dan melaporkan isu terkini BUMN sesuai penugasan Menteri BUMN. Dengan mengangkat misi “Membangun Bangsa Melalui Penguatan Sinergi Dan Soliditas”, kegiatan kali ini membuktikan bahwa seluruh BUMN bisa bekerja sama, meskipun berbeda-beda tapi memiliki tujuan yang sama yakni memakmurkan bangsa Indonesia.

Menteri BUMN Rini Soemarno memberikan sambutan dan arahan kepada seluruh peserta yang hadir. Rini menyatakan kebanggannya terhadap para peserta BUMN GLC. “Karena akhirnya saya bangga (red- pada) kalian semua, bahwa ternyata kita bisa menunjukkan, bahwa kita bisa bekerja sama biarpun kita beda tetapi kita satu hati. Kita mempunyai tujuan yang sama bahwa kita ingin melihat bangsa kita, negara kita menjadi lebih makmur dan lebih jaya di masa mendatang. Dan saya meyakini, kalau kita bisa seperti ini, BUMN bisa menjadi pendorong bangsa menjadi yang terbaik. Makanya kegiatan sinergi seperti ini layak untuk dilakukan,” tegas Rini.

Rini mengingatkan juga bahwa pertemuan seperti ini harus memberikan hasil optimum, ada keputusan-keputusan dan langkah-langka ke depan. Dengan bersinergi, akhirnya jalan restrukturisasi Krakatau Steel bisa terealisasi. Hal tersebut merupakan contoh-contoh yang dihasilkan tim yang diharapkan Menteri BUMN.

Rini menekankan bagi semua yang bekerja di BUMN untuk memiliki paradigma bahwa BUMN milik semua, di manapun berada. Maka, biar pun sudah tidak mengurusi BUMN maka tetap ikut memiliki BUMN dan satu keluarga hingga kapan pun.

Rini mengajak seluruh Dirut BUMN dan para peserta dari Kementerian BUMN untuk membuktikan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa BUMN sekarang dikelola dengan baik, profesional, dengan hati, dan tujuan untuk memakmurkan bangsa Indonesia. Rini pun meminta dukungan terkait hal tersebut, jika bersama-sama, satu hati dengan tujuan yang baik dan berniat memberikan yang terbaik bagi bangsa, maka Tuhan yang Maha Kuasa pasti akan memberikan jalan.

Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dari masing-masing grup yang terdiri dari 10 grup, yang memaparkan penyelesaian atau perkembangan program dari Development Plan SNO 2 serta melaporkan tindak lanjut sesuai rencana tindakan dalam rangka realisasi penugasan Menteri BUMN terkait berbagai isu terkini BUMN. Setiap materi yang dipresentasikan di-challenge dengan beberapa pertanyaan oleh peserta lainnya dan diberikan komentar serta arahan dari Menteri BUMN. (nwl/Red01)

218 total views, 1 views today