Surabaya – Pada event One Day seminar dengan tema “Communication Skill For Self Confident” yang dihadiri jajaran FORSIKATEL TR 5 Jatim Balnus menghadirkan dua orang Master Trainer TelkomGroup yaitu Sukma dan Agus Supadmo. Keduanya sudah bersertifikat internasional di mana masing-masing memberikan materi teknik berkomunikasi yang baik dan tips tentang self confidence. Adapun seminar diselenggarakan di kampus di Telkom CorpU Surabaya, Jumat (12/4).

Komunikasi lebih dari sekadar saling berbicara dan mendengarkan. Komunikasi juga merupakan transfer informasi dari satu orang ke orang yang lain. Terdapat proses berbagi informasi, maka kekayaan atau menarik tidaknya informasi yang didapatkan sama pentingnya dengan cara penyampaian informasi tersebut. Dalam arti lain, kita akan lebih suka berbicara dengan orang yang wawasannya luas sehingga memperkaya khasanah pengetahuan serta disampaikan dengan cara-cara yang menyenangkan.

Pada kesempatan tersebut tips yang diberikan Agus Supadmo ada beberapa, antara lain Representasi VAK (Visual-Auditori-Kinestetik), proses komunikasi dan unsur komunikasi, membangun hubungan dan reframing, serta tentang confidence. VAK merupakan model pembelajaran yang menjadikan siswa mudah memahami materi yang diajarkan guru karena mengoptimalkan ketiga modalitas belajar tersebut. Pembelajaran dengan model ini mementingkan pengalaman belajar secara langsung dan menyenangkan bagi siswa.

Sedangkan building rapport (membina hubungan) dijelaskan begitu penting dalam sebuah komunikasi. Siapa dan apapun profesinya terutama jika memiliki kelemahan dalam berkomunikasi serta merasa perlu terus berkomunikasi dengan banyak orang atau tidak ada manusia yang tidak berkomunikasi maka perlu mengenal lebih jauh tentang building rapport atau membina hubungan.

Pembicara lain yaitu Sukma memberikan tips tentang cara meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi, antara lain yaitu:

  • Sapa orang yang baru dikenal,
  • Lakukan persiapan sebaik mungkin,
  • Terapkan teknik “jika-maka”,
  • Tetapkan sasaran kecil untuk mencapai sasaran besar,
  • Bandingkan anda dengan diri sendiri,
  • Selalu bersyukur.

Selain itu, Sukma juga menyampaikan bahwa ada hal penting dalam berkomunikasi penuh percaya diri yaitu memperhatikan personal-grooming. Penampilan diri atau grooming merupakan hal begitu penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang tentu ingin selalu tampil serasi dan menarik agar disukai oleh orang lain. Penampilan seseorang dalam berkomunikasi perlu diperhatikan, karena akan berdampak kepada peningkatan percaya diri. Hal yang penting adalah rapi, serasi, sopan dengan tutur kata sesuai dengan etika dan tata krama pergaulan. (CorpU_Surabaya/Red01)

363 total views, 2 views today