Surabaya – Pembukaan pelatihan Training Of Trainer oleh EVP Divisi Business Service (DBS) Tri Gunadi di lantai-3 kampus LA-5 Jatim Balnus Jalan Gayungan PTT No. 17-19 Surabaya, Rabu (24/4). Peserta pelatihan TOT berjumlah 21 orang berasal dari seluruh Indonesia. Hadir mendampingi EVP DBS adalah OSM Rumah Kreatif BUMN Sabri Rasyid.

Tri Gunadi menyampaikan sejarang singkat terbentuknya RKNyaitu pada tahun 2016 Telkom diminta Kementrian BUMN untuk membangun Rumah Kreatif BUMN (RKB) di Labuan Bajo. RKB tersebut merupakan RKB pertama yang tujuannya untuk memberikan pelatihan kepada UKM agar usahanya bisa naik kelas. Lalu pada tahun 2017, Telkom menyusun modul untuk meningkatkan knowledge UKM, berhasil menyusun 45 modul, ternyata tidak ada manfaatkan semua. Jadi, Lesson Learn kita ialah bahwa UKM itu butuh yang cepat dan sederhana.

“Kita bertujuan untuk membantu UKM belajar bagaimana cara mengelolah keuangan, bagaimana cara mengelolah inventory, itu tidak gampang. Jadi jangan berpikir sudah punya RKB untuk tempat pelatihan lalu UKM pasti datang, tidak bakalan ada UKM yang datang. Cara mendatangkan mereka ada kiatnya yaitu paling tidak rekan-rekan mendatangi mereka. Ambil saja UKM yang paling potensial, yaitu 5 UKM saja yang fokus yang bakal berhasil. UKM yang bakal kita bina atau kita didik itu kemungkinan besar tidak tau dan tidak mau. Satu UKM itu bisa jadi dibantu tidak Cuma oleh kita tapi bisa ikut Pemda atau organisasi lainnya. Jadi tantangan rekan-rekan ini tidak sederhana. Jangan berpikir sudah ada RKB yang lengkap dengan segala fasilitas, UKM pasti datang semua, itu tidak bakal datang semua. Jadi cara ialah rekan-rekan datang ke mereka,” , papar Tri Gunadi.

Lebih lanjut Tri Gunadi menjelaskan bahwa kelemahan UKM biasanya ada 3 yaitu kesulitan cara jual atau akses to market, tidak punya alat produksi, dan kekurangan modal. Khusus untuk bantuan modal, maka Telkom mempunyai Unit CDC atau Community Development Centre. Tugas rekan-rekan sekarang sudah makin jelas bila UKM yang dibantu sudah mulai bangkit, maka sarankan untuk memasang IndiHome. Sehingga akses to market bisa dilakukan secara on-line, lebih cepat, efektif dan praktis, sesuai dengan slogan BOSS-Muda singkatan dari Business On Line So Simple dan tren anak muda. (CorpU_Surabaya/Red01)

839 total views, 1 views today