Surabaya – Pelatihan Training of Trainer (TOT) RKB (Rumah Kreatif BUMN) dilaksanakan selama dua hari di lantai-3 kampus LA-5 Jatim Balnus Jalan Gayungan PTT No. 17-19 Surabaya berakhir pada Kamis (25/4). TOT diikuti 21 peserta yang berasal dari wilayah seluruh Indonesia. Pada hari pertama para peserta mendapat insight EVP DBS Tri Gunadi, sedangkan pada hari kedua arahan dari OSM Rumah Kreatif BUMN Sabri Rasyid.

Kepada para peserta TOT RKB, Sabri meminta agar insight dari EVP DBS Tri Gunadi pada hari ini menjadi inspirasi untuk optimis bisa membantu UKM baik dalam bidang pemasaran atau access to market, juga dalam meningkatkan knowledge mereka. Apalagi masing-masing daerah peserta sudah dibangun Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang lengkap dengan fasilitas IT nya, sehingga para UKM lebih mengenal tentang bisnis On-Line.

Sabri lalu menerangkan, bahwa RKB sendiri ada istilah BOSSMUDA yaitu singkatan dari Business On-Line So Simple bagi anak muda karena seluruh petugas RKB berkategori milenial. Maka, Sabri meminta untuk menularkan knowledge kepada para UKM agar usaha mereka lebih maju dan sukses, apalagi melalui bisnis online usaha mereka akan bisa dikenal di mancanegara. Apalagi Rumah Kreatif BUmn sudah Go Modern – Go Digital – Go Online atau sudah system 3G. Pada hari pertama, Tri sempat bercanda bahwa istilah 3G bukan kepanjangan dari Tri Gunadi walaupun memang ide istilah tersebut memang dari dirinya.

Lebih lanjut, Sabri meminta agar para BOSSMUDA selalu proaktif dan bertanggung jawab, antara lain tanggungjawab untuk memastikan RKB secara fisik selalu ON, selalu melakukan validasi data UKM dan entrypelatihan, selalu GAUL atau mengadakan networking dengan PEMDA, Komunitas UKM dan Media, rutin melakukan reporting, menyelenggarakan event pelatihan, bazaar BOSSMUDA dan terakhir selling produk Telkom.

Adapun materi RKB yang telah diajarkan meliputi yaitu:

  1. Mekanisme Operasional RKB,
  2. Rule of the Game,
  3. KPI RKB,
  4. Pembinaan UKM,
  5. Program BOSSMUDA,
  6. Pengenalan RKB.id,
  7. Pengenalan Blanja.com,
  8. Trik Belanja On-Line,
  9. Aplikasi Qulakan,
  10. Design Produk dan Kemasan,
  11. Aplikasi Presilia, dan
  12. Mekanisme Reporting Fasilitator.

(CorpU_Surabaya/Red0

421 total views, 2 views today