Upaya untuk mengenal, memahami, dan mempraktikkan Tools baru, maka biasanya dilakukan sosialisasi agar pengguna atau user bisa mengoperasikannya dengan baik, lancar, dan benar. Demikian juga dengan Pelatihan Tool TREMS Operation yang digelar di Lantai-1 Kampus LA5 Jatim Balnus Jalan Gayungan PTT Nom 17-19 Surabaya, Kamis (9/5). Tujuannya agar para peserta mampu mengoperasikan Tool dimaksud di lokasi kerja masing-masing.

Pelatihan yang akan digelar selama dua hari tersebut diikuti 24 peserta dari 25 yang diundang yang semuanya adalah dari TR-5 Jatim Balnus. Ada dua orang instruktur dari Shared Service Operation Finance Telkom Bandung masing-masing Amalia Desti. A/ 88056) dan Sila Prayoginingsih/ 940247).

Amalia pada hari pertama menerangkan, bahwa dalam pelatihan ini selain teori, nantinya juga akan dilakukan praktik sehingga setelah mengikuti pelatihan sudah mahir dan bisa langsung diaplikasikan di tempat kerja masing-masing. Untuk pertama kali, maka peserta mendapatkan modul-1 (Basic) meliputi Introduction, Document Type, Document Attributes dan Additional Importants.

Pada modul-1, Amalia menjelaskan tentang istilah TREMS, yaitu singkatan dari Telkom Revenue Management System sama dengan SAP BASES. Sedangkan SAP adalah System Application and Product sama dengan Type of Integrated ERP kemudian SAP-RMCA adalah (Revenue Management Contract Accounting).

Selain itu ia juga memaparkan tentang Telkom Global Configuration & Business Process, Specific requirement for Telco Industri, Have a large number of customers dan High volume of document. Lebih jauh lagi ia juga merinci tentang TREMS Object Transaction meliputi Business Partner, Contract Account, IST (Service history) dan document (statement of each business transaction dan contains of control information and receivables and payables). (CorpU_Surabaya/Red01)

282 total views, 1 views today