Surabaya – Mengingat sertifikasi bidang integrated marketing fundamental begitu penting yaitu sebagai pembuktian secara legal bahwa seseorang ahli dibidang marketing, maka Telkom LA 5 menggelar pelatihan dan sertifikasi TCIMF (Telkom Certified Integrated Marketing Fundamental) yang diikuti 20 peserta. Event TCIMF digelar di Lantai-1 kampus LA-5 Jalan Gayungan PTT No. 17-19 Surabaya mulai Senin-Jumat (13-17/5). Sementara hadir sebagai Widyaiswara adalah Edy Siswanto, Sriyati, dan Jasfar Hasudungan dari Telkom CorpU Center.

Edy pada hari pertama menjelaskan secara umum tentang TCIMF yang terdiri dari 11 materi ringkasan dari 21 materi yang akan dilaksanakan selama 5 hari di kampus LA-5. Menurut Edy, materinya sendiri kalau diprint berupa buku setebal 600 halaman, sedangkan kalau kuliah akan memakan waktu selama 4 tahun. Dengan waktu terbatas selama 5 hari, maka Edy berharap kepada rekan-rekan untuk selalu semangat dan jaga stamina agar tetap tinggi.

Selain itu, ia menganjurkan agar peserta memiliki teknis menghafal dan memahami materi. Menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa adalah dengan mencatat kembali semua informasi. Menghafal dengan cepat adalah bakat yang penting untuk dimiliki, agar materi selama 5 hari ini bisa diserap dengan baik. Banyak tips dan trik untuk menghafal dengan cepat, di mana ia yakin rekan-rekan memiliki trik sendiri.

Kemudian Edy pada hari pertama tersebut mengulas singkat tentang arti marketing berserta beberapa konsep yang paling fundamental. Seiring dengan technology change, maka konsep marketing saat ini banyak berubah tak cukup dengan konsep dasar 4-P (product, price, place dan promotion). Dengan kemajuan teknologi IT, maka konsep 4-P makin berkembang dan akan mempengaruhi strategi bisnis. Dengan technology change maka secara tidak langsung mengedukasi customer, sehingga strategi bersaing juga makin berkembang.

Lebih dari itu, Edy juga menerangkan tentang pentingnya pemasaran yaitu pasar begitu dinamis karena selalu berubah terus menerus. Alasan istilah marketing ditulis market-ing, yaitu Market-ing berarti ‘dealing with the ever –changing market’, pemasaran harus disesuai dengan jenis bisnis B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Customer), serta jenis penawaran produk barang dan jasa. (CorpU_Surabaya/Red01)

548 total views, 3 views today