Surabaya – Widyaiswara Jaspar Hasudungan Manurung pada pelatihan TCIMF (Telkom Certified Integrated Marketing Fundamental) menjelaskan tentang Marketing Research dan Marketing Intelligence, Senan (13/5). Event TCIMF yang diikuti 20 peserta berlangsung selama 5 hari di Kampus LA-5 Jatim Balnus Jln. Gayungan PTT No. 17-19, Surabaya.

Contoh marketing research terkait riset kualitatif adalah bagaimana cara memilih operator seluler. Sedangkan competitive intelligence adalah sebuah cara berpikir atau way of thinking menggunakan sumber-sumber informasi publik untuk mengetahui lokasi dan membangun informasi tentang persaingan dan pesaing-pesaing yang ada. Jaspar mengatakan, competitive intelligence adalah sebuah informasi yang sangat spesifik dan tepat waktu tentang sebuah perusahaan. Intinya untuk mengumpulkan, menganalisa, dan mengelola informasi.

Jaspar dalam kesempatan tersebut juga meminta peserta untuk menyebutkan beberapa provider lain di kawasan ASIAN yang menjadi TOP-500 sebagai pembanding yang kemudian dilakukan riset, dianalisa dari sisi product, teknologi yang digunakan, strategi bisnis dan pemasarannya. Analisa persaingan merupakan sebuah usaha untuk mengidentifikasi ancaman, kesempatan, ataupermasalahan strategis (strategy question) yang terjadi sebagai akibat dari perubahan persaingan potensial, serta kekuatan dan kelemahan pesaing.

Untuk marketing objective dan marketing strategy disampaikan dalam bentuk diagram termasuk product review. Strategi marketing merupakan sekumpulan rancangan dan juga rencana yang sengaja dibuat demi tercapainya kegiatan marketing yang efektif dan efisien sehingga perusahaan dapat lebih mudah mencapainya. Sasarannya sendiri adalah berorientasi untuk jangka waktu tertentu, biasanya monthly, quarterly, semesterly dan yearly. (CorpU_Surabaya/Red01)

604 total views, 1 views today