Semarang – Christ John hadir pada sesi menjelang penutupan pelatihan tepatnya pada sesi National Vision GPDP VI batch 7 di ruang Indigo Hall, Jumat (17/5). Bila sebelumnya GPDP VI batch 5 & batch 6 dihadirkan petenis Yayuk Basuki, maka kali ini ia hadir sebagai pemateri dan menjawab pertanyaan peserta sebanyak-banyaknya. Diskusi dipandu petugas dari LA4 Viren Astriva

Berlatih dan berlatih tak kenal lelah merupakan resep Christ John selama ini sehingga mampu 11 kali menggaet dan mempertahankan sabuk emas kejuaraan tinju WBA pada kurun waktu tahun 2004-2009. Segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan selalu berlatih, dan ketika kesempatan tiba tinggal diambil. Total sudah 52 pertandingan profesional yang dia jalani. “Kunci utama kesuksesannya adalah berdisiplin,” demikian Christ John menjawab pertanyaan peserta.

Petinju yang saat ini berprofesi sebagai promotor tinju tersebut tak lepas dari saran pelatihnya saat memutuskan akan pensiun dari dunianya. Menurutnya, jika mau pensiun dari dunia tinju haruslah bisa membantu kawan-kawannya seprofesi yang kurang beruntung pada saat pensin nantinya, dengan cara menjadi promotor tinju. Langkah itu diambil karena pada saat petinju memasuki usia 35 tahun sudah akan mulai menurun daya tahannya.

Adapun kiat Christ John untuk bisa berprestasi jangan hanya mengandalkan bakat yang ada, namun yang lebih utama adalah mau bekerja/ berlatih keras. Alasannya karena kerja keras mengalahkan bakat; bakat tanpa kerja keras akan gagal. Di samping itu, harus fokus belajar senantiasa.

“Jangan takut bermimpi, namun berupayalah mewujudkan mimpi itu. Ketika kamu punya mimpi maka semua langkah akan mendukung untuk mewujudkannya. Tentunya itu akan butuh pengorbanan. Kalau hanya mau yang gampang saja semua orang akan bisa, namun bila kita berani menghadapi yang sulit itulah yang akan memjadikan kita beda. Dan kiat untuk bisa bertahan lama mempertahankan sabuk emas kejuaraan tinju WBA selama itu yakni dengan strategi mempelajari lawan, mendiskusikannya dengan pelatih,” papar Christ John menjawab pertanyaan seputar itu.

Saran bagus dari Christ John untuk mempertahankan stamina tubuh adalah jangan mengkonsumsi gula olah, karena bahan itu yang paling disukai sel kanker dan tak diperlukan tubuh sehingga akan merusak badan. Makan sehari tiga kali dengan karbohidrat sedikit saja namun lebih banyak pada proteinnya. Jadi dengan sedikit nasi kemudian diganti makanan berprotein dan ngemil dengan pilihan makanan sehat.

Menjelang sesi berakhir Christ John juga berpesan untuk semua agar menyukai pekerjaan kita karena bila menyukai pekerjaan hasilnya akan lebih baik. (#Team CorpU Semarang/Red01)

295 total views, 1 views today