Surabaya – Demi menciptakan suasana bersih, indah dan rapi (BIR) maka jajaran LA-5 Jatim Balnus Jalan Gayungan PTT No. 17-19, Surabaya melakukan cuci gudang atau bersih-bersih gudang, Kamis (20/6).

Sebelumnya dilakukan pemilahan arsip-arsip lama yang umurnya sudah di atas 15 tahun dan arsip-arsip yang masih baru hingga sebelum 15 tahun. Tujuan pemilahan adalah untuk memudahkan dalam pemusnahannya.

Jadi files atau arsip yang sudah tua berumur di atas 15 tahun merupakan sasaran utama untuk dimusnahkan agar tidak memenuhi gudang. Di samping itu agar setelah disusun dan ditata ulang nampak lebih bersih, indah dan rapi. Files atau arsip di atas 15 tahun merupakan arsip in-aktif (mati) sedangkan dibawah 15 tahun merupakan arsip aktif (hidup). Pemusnahan dilakukan dengan cara menghancur leburkan arsip in-aktif tersebut dengan alat penghancur.

Arsip lahir hampir setiap hari, sehingga akan terus menambah beban gudang, padahal gudang yang dimiliki relatif tak seberapa luas. Maka jika tidak dimusnahkan pasti menimbulkan suasana yagn tidak rapi, tidak nyaman alias berantakan. Kemampuan daya tampung gudang terbatas, maka pemusnahan merupakan solusi terbaik. Seperti di dunia ini bagaimana kalau tidak ada manusia yang meninggal sedangkan puluhan bahkan ratusan bayi lahir setiap hari, pasti akan terjadi masalah besar. Apalagi tumpukan arsip gudang yang tidak dikelola dan dirapikan dengan baik, jika terjadi arus pendek listrik, maka mudah terjadi kebakaran.

Di samping itu, diketahui bersama, bahwa kertas-kertas tua gampang dimakan hama rayap, sehingga dengan adanya pembersihan dalam bentuk pemusnahan tersebut merupakan upaya preventif terhadap terjadinya masalah yang tidak kita kehendaki. Selain sebagai usaha preventif, LA-5 sebenarnya ingin mewujudkan suasana BIR (Bersih-Indah-Rapih) dalam gudang, maka kegiatan pemusnahan merupakan langkah yang tepat. (CorpU_Surabaya/red01)

265 total views, 1 views today