UKM mitra binaan Telkom Yogyakarta memiliki Brand “Tiwul Ayu Mbok Sum” yang memiliki lokasi di Mangunan Imogiri Bantul. Hari ketiga, sejumlah 20 peserta Kalpurti Batch 6 Yogyakarta berkesempatan untuk praktek dan mengenal lebih dekat tentang Tiwul, makanan khas Jogja yang dibuat dari ketela tersebut, Kamis (20/6).

Dengan dikawal oleh Learning Service dari LA 4 Rismanto, peserta Kalpurti Batch 6 diterima Triati atau anak dari Mbok Sum perintis usaha tiwul ini. Triati yang merupakan alumni UGM di mana awalnya ingin bekerja di BUMN namun kenyataannya Triati lebih memilih untuk mengembangkan usaha Tiwul milik mboknya. Dengan tagline “Cilik Mangan TeloGede Mangan Tiwul” dapat terus menyemangati Triati untuk memproduksi Tiwul dan memasarkannya.

Saat ini usaha tiwulnya sudah dikembangkan dengan menambah usaha rumah makan ayam goreng Mbok Sum, sehingga sudah menjadi ampiran untuk istirahat makan. Visi Triati sendiri ingin menjadikan Tiwul sebagai tujuan wisata, di mana setiap orang bisa belajar, menikmati tiwul dan juga sajian kuliner serta tentunya oleh-oleh sehingga seluruhnya dapat diperoleh di Tiwul Ayu Mbak Sum.

Para peserta Praktik Kalpurti begitu antusias mengikuti penjelasan dari Mbak Triati dan juga melakukan praktik pembuatan Tiwul. Begitu inspiratif kegigihan bisnis yang dikembangkan oleh Tiwul Ayu, saat dengan omset sekitar Rp300 juta per bulan sudah menjadikan bisnis yang begitu prospektif. Harapannya, praktik ini bermanfaat bagi peserta yang akan mempersiapkan masa purna tugasnya.

Bravo Telkom CorpU.(team CorpU Semarang/ola/Red01)

323 total views, 1 views today