Yogyakarta – Memasuki hari ketiga pelaksanaan Pelatihan Pembekalan Purnabakti (Kalpurti) Batch 6 Yogyakarta, Rabu (20/6). Para peserta melakukan praktik magang ke UKM mitra binaan Telkom. Sejumlah 50 peserta mengikuti praktik magang di Tani Organik Merapi (TOM). Selama di lokasi UMKM ,para peserta akan dipandu dan dijelaskan oleh pemilik TOM yakni Untung Widjanarko dan Giyarto.

Untung menjelaskan berangkat dari cuaca dan juga kondisi tanah yang akan rusak diakibatkan oleh penggunaan pupuk pabrik ataun non organik. Di samping sayuran yang dihasilkan juga relatif kurang sehat. Kemudian mengembangkan ide menanam sayuran dengan pupuk organik yang dibuat dari daun-daunan dan tumbuhan serta bahan organik lainnya.

Pada proses pengembangan selanjutnya, TOM ini juga berhasil mengajak masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani untuk bekerja sama mengembangkan tanaman dan sayuran dengan pupuk organik. Upaya yang dilakukan dengan tekun dan terus menerus disambut baik masyarakat dan pemerintah desa setempat. Beberapa kelompok sudah berdiri dan bergabung mengasilkan sayuran yang siap dipasarkan.

TOM juga menfasilitasi penjualan dengan cara B2B ke beberapa supermaket di sekitar Yogyakarta dan juga secara B2C langsung kepada konsumen. Pada sisi lainnya, TOM juga terus melakukan promosi untuk pengembangan penanaman dan juga pemasaran produknya. TOM juga membuka diri menerima kunjungan belajar, praktik ataupun magang pada lahan yang dimiliki saat ini.

Selamat kepada para peserta untuk magang praktik sekaligus bisa mengambil insight bisnisnya untuk bisa dikembangkan ataupun mengikuti model bisnis yang serupa. Dalam menjalankan bisnis sebaiknya yang sesuai dengan keinginan dan kemampuannya.

TOM kembali ke alam yang segar dan menyehatkan. Bravo Telkom CorpU (~team CorpU Semarang/red01)

301 total views, 1 views today