mendapat materi tentang OSPEK VS TRAINING-3 di gedung lantai-3 kampus LA-5 Jalan Gayungan PTT No. 17-19 Surabaya, Jumat (19/7).

Para peserta duduk di karpet merah secara tertib dan dipandu oleh Chief Operational Officer PT. Sinergie Enterpriseyang bergerak dibidang training, consultant & organizer.

Sebagaimana dikatakan oleh Panitia Toton yang juga dosen ITTS bahwa seluruh peserta yang berjumlah 64 mahasiswa semester-II diikutkan dalam program Training for Trainer. Harapannya akan terlibat dan penyambutan mahasiswa baru tahun 2019 dalam OSPEK sebagai personil Panitia PKKMB 2019, sehingga mereka harus dibekali program sebagai Trainer.

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau OSPEK merupakan kegiatan awal bagi setiap peserta didik yang menempuh jenjang perguruan tinggi. OSPEK dengan seluruh rangkaiannya merupakan pembentukan watak bagi seorang mahasiswa baru. Dengan kata lain bahwa baik tidaknya kepribadian mahasiswa di sebuah perguruan tinggi dapat terlihat oleh baik tidaknya pelaksanan Ospek di perguruan tinggi tersebut. Jadi edukasi tentang Ospek menjadi sebuah keperluan dan keharusan.

Kegiatan orientasi tak bisa disepelekan, sebab kegiatan tersebut akan berlangsung sangat padat. Untuk itu, ITTS sudah persiapan dalam program Training for Trainer. Umumnya, saat hari pertama orientasi, mahasiswa baru akan diberi arahan tugas kelompok maupun pribadi. Tujuannya agar terlihat kompak dan disiplin. Biasanya, ada perintah untuk membuat nama dada baik berukuran kecil maupun besar atau perintah lainnya yang wajib dilengkapi pada hari kedua orientasi.

Masa orientasi adalah periode pengenalan kehidupan akademik bagi mahasiswa baru. Lingkupnya termasuk belajar disiplin saat masuk kelas. Biasakan untuk disiplin bangun pagi. Biasanya kalau dalam satu kelompok ada yang telat, semuanya terkena hukuman. Mereka gak mau kan kelompoknya kena hukuman karena kesalahan yang sebenarnya bisa dihindari? Sukses buat ITTS ! (CorpU_Surabaya@2019/red01)

275 total views, 1 views today