Yogyakarta – Memasuki sesi hari ketiga, pembekalan Refresh Batch 8 diawali dengan kegiatan senam pagi bersama, Rabu (21/8). Sardjono dari Yakes memandu pelaksanaan senam pagi secara bersama yang dimulai pada pukul 05:30-06:30 WIB.

Tujuan dari senam untuk membiasakan diri dengan olahraga ringan yang terkontrol, sehingga kesehatan fisik bisa terjaga sesuai kondisi umur. Menjaga kesehatan fisik begitu penting karena fisik untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Selanjutnya peserta memperoleh bekal cara berbisnis secara online yang disampaikan Erita Zurahmi. Erita bercerita memulai bisnis online itu mudah dan murah, dimulai dari yang kecil yang penting konsisten dan kreatif akan menjadi besar dengan sendirinya.

Pada kesempatan tersebut, peserta Refresh mendapatkan materi financial planning dari Pemateri CorpU Bandung. Materi disampaikan Bambang Sunarmo mengelola keuangan amatlah penting apa lagi setelah memasuki Purnabakti.

Pengelolaan dan perencanaan keuangan dilakukan paling tidak untuk 3 hal yakni untuk biaya hidup, untuk biaya investasi, dan untuk biaya amal termasuk rekreasi.

Bambang juga menambahkan dengan berbagai usaha yang bisa ditekuni pada saat menjalani masa purna dari kantor antara lain investasi tanah, rumah kost, apartemen, dan investasi emas. Pertimbangan paling utama adalah faktor resiko,

di saat memulai usaha hendaknya memilih yang paling kecil resikonya sehingga jika gagal juga kecil resikonya dan tidak menimbulkan beban pikiran, stress dan lainnya. Selain itu dapat dipilih usaha yang secara ajaran agama syariah dengan mengikuti skema bisnis seperti ini juga menciptakan ketenangan dan kedamaian.

Bravo Telkom CorpU. (team CorpU Semarang/ola/Red01)

260 total views, 1 views today