Surabaya – Secara umum, suudzon adalah sikap seseorang yang berprasangka buruk terhadap orang lain, atas suatu peristiwa, suatu masalah ataupu suatu keadaan, kebalikannya adalah husnudzon, ialah sikap seseorang yang berprasangka baik terhadap orang lain, suatu keadaan, suatu masalah ataupun suatu keadaan.

Berkenaan dengan kata suudzon, maka Ustadz Dennis Lim dalam kultum dengan tema

“Hindari Suudzon Kepada Allah” yang disampaikan di Mushollah BAITUL ILMI LA-5 Jln. Gayungan PTT No. 17-19, Surabaya, Senin (30/9).

“Apa iya Allah SWT mau mengampuni dosa-dosa saya yang begitu besar” pernyataan ini adalah salah satu bentuk contoh orang yang suudzon kepada Allah. Sebenarnya ini adalah bisikan setan agar ia tidak mau memohon ampunanNya dan agar tidak mau bertobat. Dengan kata lain tentu akan terus melakukan perbuatan yang dilarang Allah yang ujung-ujung hanya menambah dosa saja. Padahal Allah itu Maha Pengampun, Maka Pengasih dan Maha Penyayang. Seperti apa yang tersirat dalam Al-Quran Surah Azzumar ayat 53, adalah ayat optimisme yang melarang putus asa dari rahmat Allah karena Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, tidak ada alasan untuk berprasangka buruk kepada Allah SWT.

Selaku insan Telkom CorpU yang memiliki misi untuk menjadi center of excellence tentu saja harus selalu berfikir positif dan selalu menghindari rasa suudzon, apalagi suudzon kepada Allah SWT.

Dalam olah rasio dan olah rasa pun harus diimbangi dengan olah ruh, sehingga akan kita bisa mewujudkan ‘conducting activities to stengthen the learning abilities as good as possible’.

Selain itu untuk dapat meng- create the great leader, maka positif thinking harus merupakan bagian dalam setiap event.

Dan yang penting harus selalu husnudzon, sebaliknya, hindari suudzon yang justru kontra produktif.

Dengan berfikir positif, maka spirit kerja akan terus bergelora dan makin memantapkan basic belief. Untuk meraih always the best harus didukung great leader dan great people yang sudah mengikuti olah rasio, olah rasa, dan olah ruh.

(Corpu_Surabaya@2019/ola/Red01)

1,274 total views, 2 views today