Dalam tata kelola perusahaan, maka kepatuhan atau compliance berarti mengikuti suatu spesifikasi, standar atau hukum yang telah diatur dengan jelas yang biasanya diterbitkan oleh lembaga atau organisasi yang berwenang dalam suatu bidang tertentu. Intinya apakah sudah sesuai dengan Bisnis Proses (Bispro) atau SOA.

Upaya untuk memastikan comply atau tidak, maka Manager Support Readiness Telkom Corpu Sumini beserta Tim yang terdiri dari Manager Finance Service Corporate Hary Sudaryanto dan dari LA-3 Dewi melakukan evaluasi & verifikasi di bidang finance khususnya yang lebih spesifik yaitu perihal dokumen pertanggungan di LA-5 Jalan Gayungan PTT No. 17-19, Surabaya, Senin (7/10).

Dibandingkan dengan LA lainnya, maka LA-5 merupakan evaluasi & verifikasi pertamakali yang dilakukan selama dua hari mulai 7-8 Oktober 2019 yang kemudian akan dilanjutkan ke LA lainnya.

Rencana evaluasi & verifikasi sudah dibahas dalam rapat via VICON-Fear-In, maka mulai hari pertama hingga hari kedua tim dapat melaksanakan tugasnya dengan lancar, apalagi pihak LA-5 sudah menyiapkan dokumen lengkap mulai bulan Januari 2019 hingga September 2019.

Usai menyelesaikan seluruh tugasnya, maka Tim Finance akan membawa dokumen asli ke Bandung sedangkan pihak LA-5 harus meng-copy atau scan terlebih dahulu yang harus disimpan sebagai evidence dan penyerahan dokumen harus dibuatkan berita acara.

Jadwal verifikasi dan evaluasi yang hanya dua hari ini dirasa cukup oleh tim, sehingga dokumen dan aspek kelengkapan bukti sudah terverifikasi dengan baik.

Saat menganalisis dokumen/bukti transaksi keuangan khususnya pertanggungan memang dibutuhkan ketelitian yang tinggi, sehingga tidak heran jika Reporter Portal Telkom harus berhati-hati dalam mengambil gambar agar tim tidak merasa terganggu atau terusik dan bisa fokus.

Tim saat itu memang bertugas menelaah berkas-berkas bukti dan dokumen yang menjadi dasar sahnya pertanggungan dan sesuai dengan kepatuhan terhadap ketentuan-ketentuan yang berlaku. (CorpU_SurabayaRed01)

492 total views, 1 views today