Surabaya – Kultum kali ini berlangsung di Musala Baitul Ilmi LA-5 Jln. Gayungan PTT No. 17-19, Surabaya yang bertemakan “Berdoa Harus Bersabar”, Senin (28/10).

Pada zaman Rasulullah ada seorang wanita yang sakit minta didoakan Nabi untuk sembuh. Asal mau bersabar, maka InsyaAllah bisa sembuh. Ada lagi orang sakit penglihatan minta didoakan kesembuhan. Diriwayatkan dari kitab Tirmizi dan Ibn Majah dari Usman bin Haniff R.A bahwa seorang laki-laki yang penglihatannya sudah lagi tidak terang dan (hampir buta) telah datang kehadapan Nabi SAW dan berkata: “Doakan aku kepada Allah agar Allah memberikan kesembuhan kepada mataku ini” Berkata Nabi SAW: “Jika engkau mau, aku akan doakan dan jika engkau mau bersabar, itu lebih baik lagi” Orang itu lalu berkata: “Doakanlah aku”.

Doa, doa dan doa yang bisa dilakukan untuk mengadu segala sesuatu kepada Sang Pencipta. Ketika dilanda kesukaran, kesulitan, dan lain sebagainya tentu akan berdoa dan memohon kepadaNya agar segera diberi jalan keluar dan/atau kemudahan. Demikian juga dengan bekerja harus dimulai dengan doa sesuai dengan agama kita masing-masing dengan harapan mampu menyelesaikan tugas atau pekerjaan dengan lancar dan hasilnya barokah.

Selain berusaha sekuat tenaga untuk mencapai sesuatu, juga dianjurkan untuk berdoa. Hanya bisa berusaha dan berdoa semampunya, sedangkan hasilnya kita serahkan kepada Allah SWT. Perlu diketahui, bahwa doa merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan. Maka jangan heran kalau bekerja itu sebenarnya merupakan ibadah, sebab selalu diawali dengan doa.

“Tiap Muslim di muka bumi yang memohonkan suatu permohonan kepada Allah, pastilah permohonannya itu dikabulkan Allah, atau dijauhkan Allah daripadanya sesuatu kejahatan, selama ia mendoakan sesuatu yang tidak membawa kepada dosa atau memutuskan kasih sayang.” (HR Al-Thurmudzî). Kita yakin semua orang dari agama apapun selalu melaksanakan ibadah dan berdoa. Dan kita yakini pula, bahwa permohonan doa dari setiap insan/ manusia begitu beragam dan berbeda yang biasanya intinya mohon diberi kesehatan, kelancaran berusaha, jika sakit mohon kesembuhan, dan sebagainya. (CorpU_Surabaya@2019).

258 total views, 1 views today