Buah Juwet atau Jamblang saat ini sangat langka, namun ternyata ada beberapa orang saja yang menanam pohon buah Juwet termasuk beberapa rekan non-organik LA-5. Upaya untuk memanfaatkan lahan LA-5 yang cukup luas, maka ditanami beberapa pohon, di antaranya pohon buah Juwet. Buahnya hitam sedikit merah mirip buah anggur. Sejak 3 hari yang lalu hingga sekarang mulai dipanen, Rabu (30/10).

Buah juwet yang menyerupai anggur, sekilas, buah ini terlihat seperti anggur, namun bentuknya sedikit lonjong. Warnanya ungu kehitaman sedikit merah. Di generasi dulu, buah ini begitu populer, meski kebanyakan penggemarnya adalah anak-anak kecil. Sayangnya, popularitasnya saat ini makin menyusut. Buah ini bahkan nyaris terlupakan.

Sebenarnya tanaman jamblang atau juwet dengan buah berwarna hitam agak merah juga disebut dengan Java plum serta jambu keling, merupakan tanaman berbuah yang ada di Indonesia, identik dengan Pulau Jawa sehingga dikenal di luar negeri sebagai Java Plum.

Generasi terdahulu kebanyakan pernah makan juwet, tapi generasi milenial seperti belum pernah. Buah duwet adalah salah satu jenis buah yang mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 1911. Konon, tanaman ini pada awalnya tumbuh subur di kawasan Asia Selatan dan masuk ke Indonesia dari beberapa pedagang India. Penyebaran pohon juwet terjadi sangat cepat karena mudah tumbuh di kawasan tropis seperti Indonesia. (CorpU_Surabaya/Red01)

992 total views, 1 views today