Surabaya – Hawa nafsu semakin liar, buas dan sangat sulit dikendalikan. Nafsu adalah keinginan manusia yang tersirat dalam akal pikirannya. Nafsu ada yang baik yaitu nafsu yang tidak bertentangan dengan hati nurani serta perintah-perintah dan larangan-larangan yang Allah tetapkan. Biasanya orang yang mampu menahan nafsu bisa mengendalikan kesabaran. Demikian Ustadz Koh Dennis Lim dalam ceramah rutin dalam bentuk kultum di Musala Baitul Ilmi LA-5 Jln. Gayungan PTT No.17-19, Surabaya, Kamis (7/11).

Kemenangan bukan karena seorang memiliki otot yang kuat atau ahli bela diri yang menang dalam berkelahi, tetapi orang yang bisa menahan hawa nafsu adalah sebenarnya sebuah kemenangan. Termasuk orang yang selalu bersabar dan pemaaf adalah bagian dari kemenangan, apalagi rendah hati, selalu baik hati kepada siapapun terlebih menambah tali silaturahmi, bukan sebaliknya.

Hal ini sejalan dengan budaya perusahaan yang selalu saling melindungi, saling menjaga dan saling menyayangi, sehingga hidup damai dan kondusif. Saling bekerja sama dalam satu tim merupakan modal utama yang sangat powerful dalam meraih suatu keberhasilan. Tidak dapat dibayangkan apabila dalam satu tim tidak solid, ibarat salah satu mata rantai yang rapuh, tentu tidak akan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Sikap pemaaf berarti sikap suka memaafkan kesalahan orang lain tanpa sedikit pun ada rasa benci dan keinginan untuk membalasnya. Dengan mau memaafkan maka terasa hidup ini terasa indah. Pemaaf adalah sifat luhur yang perlu ada pada diri setiap muslim. Sedangkan Allah saja Maha Pengampun, Pengasih lagi Penyayang. Lawan dari sifat pemaaf adalah pemarah dan pendendam, ini sangat tidak baik dalam kehidupan.

Keutamaan sabar dalam Islam, selain telah tertuang dalam banyak surat-surat Alquran yang secara khusus, di mana Allah memerintahkan langsung kepada umat untuk menerapkan sabar dalam setiap masalah yang dihadapi. Perkara sabar juga memiliki banyak keutamaan dalam Islam baik keutamaan duniawi maupun keutamaan ukhrowi. (CorpU_Surabaya/Red01)

1,017 total views, 2 views today