John Fabian PhD adalah seorang psikolog bersertifikasi yang membantu membangun jembatan antara organisasi, peraturan, tim, dan individu. Berpikir strategis dan kreatif, membangun tim dan organisasi yang berkinerja tinggi, menyelesaikan masalah yang rumit, dan membuat orang senang dengan potensi dan lingkungan sekitarnya adalah target pekerjaannya.

Bukunya, Creative Thinking and Problem Solving, ditujukan bagi mereka yang ingin mengasah sisi imajinatif mereka, seperti:

  • Ilmuwan yang berusaha menguak pengetahuan atau mencari jawaban atas masalah yang dihadapi atau bergelut dengan beragam kemungkinan baik di lapangan ataupun laboratorium.
  • Teknisi di garda depan produksi atau proses pengembangan, ataupun yang menjaga, menata, meningkatkan, atau bahkan mencari solusi dari teknologi yang sudah ada
  • Project managers dalam upayanya membentuk tim yang tidak saja mencapai titik tujuan tertentu namun juga memanfaatkan daya imajinasi mereka dalam melaksanakan tugas mereka
  • Profesi lainnya yang tertantang untuk berkreativitas

Buku ini terdiri dari sebelas bab sebagai berikut:

Bab 1: Menggambarkan perjalanan berpikir kreatif yang telah dan bisa dilakukan oleh komunitas ilmuwan dan teknik. Penjelasan tentang beberapa definisi. Ringkasan tentang komponen kritikal.

Bab 2 dan 3: Penjelasan detil tentang elemen yang membantu melepaskan energi kreatif. Pemaparan kualitas individu yang mampu menghasilkan terobosan. Bab ini menunjukkan unsur pembangun cara berpikir kreatif dan jalan melewati hambatan-hambatan personal.

Bab 4-9: Eksplorasi cara memantik imajinasi. Langkah-langkah yang harus dilalui dalam proses kreatif dalam empat tahapan utama.

Bab 10: Berisi latihan dan aplikasi untuk mengembangkan cara berpikir imajinatif untuk individu maupun kelompok.

Bab 11: Fokus pada pengaruh lingkungan yang menjadi kunci untuk menumbuh kembangkan dan mengelola pemikiran inovatif

Dalam fondasi berpikir kreatif dan pemecahan masalah, Dr. Fabian mengutip pengalaman eureka, kata yang muncul dari Archimedes saat menangkap momen dan intisari kreasi.

Pengalaman eureka ini menangkap semangat dan gairah yang muncul pada para kreator dan penemu. Perjalanan menuju eureka membutuhkan setidaknya tiga hal: Kesiapan mental, Kewaspadaan pada Peluang, dan Jalan Setapak menuju Penemuan.

Untuk meraih cara berpikir kreatif, kita harus menafikan beragam mitos tentang kreativitas seperti mitos bahwa kreativitas membutuhkan kejeniusan, kita harus tampak ganjil demi memantik imajinasi, dan mitos bahwa berpikir kreatif hanya menggunakan proses sederhana dan tidak melalui proses yang rumit.

Berpikir kreatif pada kenyataannya membutuhkan banyak praktek dan latihan serta melibatkan beberapa prinsip dan teknik yang efektif. Hanya praktek, praktek, dan praktek yang membuat berpikir kreatif menjadi efektif.

Alur kreatif memiliki dua bagian: elemen dan energi. Elemen terobosan kreatif — instrumen manusia, proses penemuan, pengembangan individu dan kelompok, dan lingkungan — berperan sebagai bahan bakar dan sekaligus motor dalam menciptakan imajinasi. Semuanya ini harus diperhatikan, dikembangkan, dirawat sebaik mungkin. Keempat elemen atau sumber energi ini menjadi dasar pemaparan buku ini.

Dr. Fabian memaparkan buku ini disertai beberapa contoh dari kehidupan nyata, yang di masa kini dikenal sebagai ‘best practices’. Buku ini berisi metode dan strategi modern, yang banyak diaplikasikan saat ini, semisal ‘mind maping’ dari Buzan, atau kerja kolaboratif dalam mengatasi masalah, yang menjadi dasar dari ‘sprint-design’ di banyak perusahaan masa kini.

Referensi ini sangat bernilai apalagi dalam menghadapi era industri 4.0 di mana kreativitas menjadi sangat penting karena mesin tidak memiliki kemampuan berpikir kreatif.

Penerbit menerbitkan kembali karya Dr. Fabian dari tahun 1990, sebuah usaha yang menarik, sayangnya tidak ada peningkatan pada tampilannya. Akibatnya buku ini tampak datar dan kurang kekinian, padahal isi buku ini luar biasa dan bisa diaplikasikan bahkan hingga dua dekade ke depan.

Buku ini bisa memberikan pencerahan bagi para pemimpin atau penentu keputusan dalam meningkatkan kreativitas di lembaga yang mereka pimpin, juga menyusun langkah aplikatif untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi melalui aset mereka yang paling berharga: manusia.

Judul           : Creative Thinking and Problem Solving                                                                        Penulis                   : John Fabian
Penerbit      : CRC Press LLC, 1990 – reissued 2018                                                                            Jumlah halaman : 298 + xvi
Link Buku  : http://bit.ly/CreativeThinkingProblemSolving

483 total views, 1 views today