Mungkin Anda harus mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda hanya memiliki 40% dari kemampuan atau potensi Anda. Apa yang akan terjadi jika Anda berasumsi bahwa Anda memiliki kapasitas setidaknya 60% lebih dari yang Anda yakini? Ada lebih banyak hal yang ada  dalam diri Anda yang belum pernah Anda coba. Percayalah ada lebih banyak potensi  dan usaha untuk  memanfaatkannya bisa menjadi langkah pertama dalam menata kembali potensi Anda dan merangkul kehidupan tanpa batas. John Maxwell percaya bahwa setiap orang dapat hidup tanpa batas, dan dapat melangkah lebih jauh dari yang Anda yakini dan melakukan lebih dari yang pernah Anda impikan.

          John C. Maxwell adalah penulis, coach, dan pembicara terkenal versi  New York Times yang telah menjual lebih dari dua puluh enam juta buku dalam 50 bahasa. The Power of Your Potential dijelaskan dalam dua bagian besar dan diuraikan dalam tujuh belas bab. Setiap bab menceritakan tentang bagaimana mengembangkan potensi yang sudah kita miliki dan memaksimalkan potensi tanpa batas.

         The power of your potential, menguraikan kekuatan dasar yang  dimunculkan  dari dalam diri sendiri, terdiri dari 7 bagian dan kekuatan yang bisa dikembangkan dengan tidak terbatas terdiri dari 10 bagian. Secara mendasar dan perlu disadari, bagian-bagian dasar yang setiap orang miliki adalah:

  • Potensi Fisik merupakan kesadaran dan keyakinan diri bahwa kemampuan secara fisik dapat di kembangkan hingga batas tak terhingga. Buku ini memberikan motivasi dan tips untuk yakin bahwa secara fisik anda mampu.
  • Potensi Emosi; kemampuan untuk mengendalikan emosi sehingga optimal. Dalam buku ini di uraikan mengenai ciri-ciri pengendalian emosi agar dapat secara maksimal memberikan dampak yang positif dan potensi yang tidak terbatas yang sebaiknya dilakukan.
  • Potensi berfikir; kemampuan untuk berfikir secara efektif. Ada 12 langkah yang bisa dilakukan agar kemampuan dalam berfikir dapat dimanfaatkan secara efektif untuk meningkatkan kapasitas yang tidak terbatas.
  • Potensi menjalin hubungan sosial; Kemampuan untuk membangun hubungan sosial dengan empaty terhadap masyarakat, menjadikan diri sahabat anda berharga, menempatkan diri Anda bagian dari masyarakat, memfokuskan hubungan Anda pada manfaat orang lain, bukan hanya diri Anda sendiri, menjadi teman yang konsisten dalam hubungan, menciptakan kenangan berharga bagi orang lain, membangun hubungan yang sesuai dengan yang Anda inginkan dalam bersama dengan orang-orang tepat.
  • Potensi kreatif; merupakan kemampuan untuk menemukan pilihan dan mendapatkan jawaban. Ada 8 kunci dalam meningkatkan potensi kreativitas yaitu percaya bahwa setiap pertanyaan ada jawaban, percaya bahwa ada lebih dari satu jawaban, percaya setiap hal dan semua orang bisa lebih baik, memahami bahwa pertanyaan akan membantu Anda menjadi lebih kreatif, merasa nyaman dengan ide-ide baru, merasa nyaman melepaskan apa yang Anda percaya sebelumya, meminta orang-orang kreatif untuk membantu Anda, menemukan metoda yang kreatif untuk diri Anda.
  • Potensi berkarya; kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan.
  • Potensi Leadership; kemapuan untuk membimbing dan memimpin orang lain.

       Setiap orang memiliki hak dan kekuatan untuk memilih seberapa besar potensi yang mereka miliki. Kesadaran diri adalah sesuatu yang kita pelajari. Kemampuan adalah anugrah yang sudah kita miliki. Pilihan meningkatkan hal-hal yang kita pelajari dan hadiah yang kita miliki. Ada 10 bagian yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kedua bagian tersebut;

  • Potensi tanggung jawab; Pilihan Anda untuk mengambil alih hidup Anda.
  • Potensi Karakter; Pilihan Anda berdasarkan nilai yang kebaikan
  • Potensi Kelimpahan; Pilihan Anda untuk bersyukur.
  • Potensi Disiplin; Pilihan Anda untuk fokus pada hal yang sedang di hadapi dan menindaklanjutinya.
  • Potensi Disengaja; Pilihan Anda untuk secara sengaja mengejar kepentingan
  • Potensi Sikap; Pilihan Anda untuk menjadi positif bagaimanapun keadaannya.
  • Potensi Risiko; Pilihan Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda
  • Potensi Spiritual; Pilihan Anda untuk memperkuat iman Anda
  • Potensi pertumbuhan; Pilihan Anda untuk fokus pada seberapa jauh Anda bisa melangkah
  • Potensi Kemitraan; Pilihan Anda untuk berkolaborasi dengan orang lain.

Secara keseluruhan Jhon Maxwel memberikan rumusan untuk meningkatkan potensi diri yaitu

Potensi = Kesadaran + Kemampuan + Pilihan.

              Jika Anda sadar akan diri sendiri dan percaya kemampuan Anda untuk meningkat, jika Anda mengembangkan kemampuan yang sudah Anda miliki dan jika Anda membuat pilihan harian yang membantu Anda meningkat, Anda akan mencapai potensi optimal. Anda akan menyadari bahwa hidup tidak memiliki batas. Selama Anda bernafas, Anda memiliki tempat untuk pergi dan jalan untuk tumbuh. Anda dapat meningkatkan, melakukan lebih banyak dan membuat perbedaan lebih besar. Semuanya dalam jangkauan Anda.

Link Buku : http://bit.ly/powerofurpotential

379 total views, 1 views today