Bagaimana people meraih mimpi mereka dan mewujudkannya tergantung pada pilihan mereka. “Pilihan Anda bisa menjadi sayap kesuksesan Anda atau kerangkeng yang menahan Anda untuk tinggal dalam hidup yang biasa-biasa saja.”

         Ada sembilan kesalahan hidup yang menahan kita meraih kesuksesan. Skip Prichard, seorang CEO perusahaan global, membongkar sembilan kesalahan ini melalui bukunya “The Book of Mistakes: 9 Secrets to Creating A Succesful Future”. Dengan maksud memudahkan pembaca memahami isi buku ini, Skip Prichard merangkai sebuah cerita menarik tentang sebuah buku rahasia yang diwariskan dari generasi ke generasi melalui seorang Penjaga Buku yang terpilih. Cerita masa lalu ini digunakan sebagai pembatas beberapa bab, dimulai dari Bab Prolog dan berakhir di Bab perjalanan Aria untuk menemukan Hukum Ketiga Penjaga Buku. Skip Prichard membagi bukunya dalam 16 Bab, yang tersebar di 178 halaman.

       Bagian pertama yaitu bab Prolog menjadi dasar cerita tentang Buku Rahasia dari Kesalahan Hidup, di suatu masa di Inggris pada 1425. Bertutur bagaimana buku ini diserahkan kepada Penjaga Buku yang bertugas mengamankan buku tersebut. Bab berikutnya tentang David, tokoh utama yang akan bertemu dengan para Penjaga Buku di masa kini.

     David mewakili kita pada umumnya yang resah dengan kemungkinan kehilangan pekerjaan, tagihan yang menumpuk, dan sebagianya, hingga di suatu hari dia tidak sengaja menolong seorang gadis yang mencoba meraih selembar catatannya yang terbang terbawa angin.

    Pada sore harinya, David menemukan kembali lembar catatan tersebut saat dia hendak pulang ke rumah, hingga ia berencana untuk memberikannya kembali pada gadis yang dibantunya tadi. Isi catatan itu sebuah undangan untuk pertemuan. Dari sini lah perjalanan David dimulai. Pada bab-bab selanjutnya, David bertemu dengan Pak Tua, seorang figur sukses terkenal yang menjelaskan pada David untuk menghadapi Sembilan Kesalahan yang akan David temui di masa mendatang. Selanjutnya David bertemu dengan Penulis Drama yang membukakan Kesalahan Pertama: Bekerja untuk Mimpi Orang Lain.

        Di bab berikutnya David berkomunikasi dengan tokoh ketiga, Bankir, yang mengupas Kesalahan Kedua: Membiarkan Orang Lain Menentukan Nilai Diri Kita. Kesalahan Ketiga dipaparkan oleh seorang Pelatih, yaitu tentang Membuat Alasan. David mendapatkan Kesalahan Keempat: Bergaul dengan Orang yang Salah, pada hari yang sama saat bertemu sang Pelatih, dari tokoh Bartender.

     Selama David mempelajari kesalahan-kesalahan tersebut, dia merasakan perubahan positif dalam dirinya dan tidak terlalu khawatir menghadapi hidup, dan justru ini membawanya untuk bertemu dengan Pemilik Toko Buku yang memaparkan Kesalahan Kelima: Tinggal di Zona Nyaman, sementara Kesalahan Keenam: Menjadikan Hambatan Sementara Sebagai Kegagalan Permanen dijelaskan oleh sang Wiraswastawan.

       Secara mengejutkan, David akhirnya mendapatkan teman lamanya, seorang pemusik adalah sang Konduktor yang memberikannya penjelasan tentang Kesalahan Ketujuh: Berusaha untuk Melebur Ketimbang Tampil Mencolok. Lalu secara kebetulan, David bertemu dengan sang Seniman, yang memaparkan Kesalahan Kedelapan: Berpikir Bahwa Kemungkinan Sukses itu Jumlahnya Tertentu dan Terbatas.

      Pada akhirnya David bertemu dengan seorang Dokter yang merupakan pengirim pesan tentang kesalahan terakhir, Kesalahan Kesembilan: Percaya Bahwa Kamu Memiliki Waktu di Dunia ini. Saat David mendapatkan kesembilan kesalahan hidup ini, dia bertemu dengan Aria, cicit dari Aria sang Penjaga Buku. Di bab Epilog, pembaca akan melihat bahwa David menjadi Guru yang harus menemukan kandidat yang paling sesuai yang harus memahami isi Buku Kesalahan Hidup itu.

      Buku ini mendorong kita untuk tidak cemas mengahadapi kesalahan hidup, namun justru berupaya belajar dari kesalahan tersebut untuk mengembangkan diri pribadi. Kesepuluh tokoh — Pak Tua, Penulis Drama, Bankir, sang Pelatih, Bartender, Pemilik Toko Buku, sang Wiraswasta, sang Konduktor, Seniman, dan sang Dokter — menggambarkan beberapa aspek dalam jiwa kita. Pembaca bisa mendapatkan paparan yang lebih jauh dari masing-masing kesalahan di setiap babnya, yang disajikan dengan menarik dan menantang pembaca.

    Dengan gaya bertutur cerita, buku self-help dan motivasi ini jadi mudah untuk dipahami, disampaikan dengan suasana santai dan tidak menggurui. Sebuah buku yang menarik bagi anak muda dan mereka yang ingin meraih cita-citanya dengan percaya diri.

Judul Buku            :  The Book of Mistakes: 9 Secrets to Creating A Successful Future
Penulis                    : Skip Prichard
Penerbit                  : Center Street New York, 2018
Jumlah Halaman  : 178 + xii

502 total views, 1 views today