Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan atas pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemutusan hubungan tenaga kerja dengan maksud untuk membantu mencapai tujuan organisasi. Dibutuhkan strategi agar proses-proses tersebut dapat tercapai dengan baik. Sehingga hadirlah strategi manajemen SDM yang berkaitan dengan hubungan antara manajemen sumber daya manusia dan manajemen hubungan kerja dalam perusahaan.

        Dr. Ashish Malik, sebagai akademisi yang ahli dalam bidang manajemen SDM dan hubungan perusahaan, menghadirkan buku Strategic Human Resource Management and Employment Relations: An International Perspective pada tahun 2018 di bawah naungan penerbit Springer. Dalam buku berisi 271 halaman ini terdapat isi yang penting dan relevan dengan manajemen SDM berdasarkan perspektif yang strategis khususnya pada lingkungan bisnis yang rumit.

       Dr. Malik memusatkan tulisannya pada strategi manajemen SDM pada konteks-konteks internasional mencakup industri bisnis dan pelayanan pelanggan seperti IT, Health care, dan perusahaan outsourcing. Buku ini merupakan buku yang menggunakan metode penelitian dan studi kasus yang membuat pembaca dapat lebih mudah memahami penjelasan dan metode yang disebutkan dalam strategi manajemen SDM dan hubungan kerja.

     Strategic Human Resource Management and Employment Relations: An International Perspective sangat menekankan pembahasan berdasarkan konteks yang ada, bergantung pada kondisi lingkungan perusahaan, serta bidang yang dijalani oleh perusahaan tersebut. Dr. Malik membagi buku ini menjadi tiga bagian penting. Bagian pertama terdiri dari tujuh bab yang menjelaskan tentang dasar-dasar teoritis mengenai strategi manajemen SDM dan hubungan kerja.

     Pada bagian kedua, tujuh bab selanjutnya mulai menyentuh pandangan strategis mengenai manajemen SDM dan hubungan kerja serta bagaimana pimpinan dan manajer dapat menerapkan strategi pelaksanaan manajemen SDM tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan. Pada bagian kedua ini kita akan diberikan pengarahan mengenai bagaimana pembuatan perencanaan kerja dan perencanaan manajemen SDM yang baik, serta penjelasan mengenai bagaimana mengelola perubahan yang dapat terjadi kapan saja hingga bagaimana mengelola pemberian kompensasi serta keuntungan untuk karyawan.

         Pada bagian terakhir terdapat sebelas studi kasus yang rumit mengenai manajemen SDM dan hubungan kerja berdasarkan kasus yang terjadi di kehidupan nyata dengan permasalahan yang masih berkaitan dengan pembahasan pada dua bagian sebelumnya. Bagian ini menggarisbawahi studi kasus berbasis penelitian dari beberapa perkembangan, transisi, dan perkembangan pasar (emerging market) dengan berbagai konteks negara yang membuat tingkat kerumitan analisis dan penyelesaian masalahnya menjadi berbeda.

        Dalam setiap bab buku ini dilengkapi dengan bagian pendahuluan, pembahasan, diskusi kasus, kesimpulan, glosarium serta referensi yang digunakan oleh penulis. Dengan adanya bagian-bagian tersebut menjadikan buku ini mudah dipahami oleh para praktisi HR maupun dijadikan bahan referensi pembelajaran untuk mahasiswa dalam bidang pengelolaan SDM.

          Namun buku ini agak sedikit sulit dipahami oleh orang yang masih awam dengan pelaksanaan manajemen SDM karena mengandung istilah-istilah dalam ilmu ekonomi, tetapi Dr. Malik mengantisipasinya dengan adanya glosarium yang cukup membantu para pembacanya. Metode berbasis penelitian dan adanya ruang diskusi dalam tiap bab dalam buku ini pun menjadikan kita para pembaca lebih kritis lagi dalam melihat suatu masalah yang dihadirkan dalam pelaksanaan manajemen SDM. Secara keseluruhan buku ini telah mampu membawa penjelasan yang menarik dalam mengupas strategi pengelolaan SDM dan hubungan kerja pada suatu perusahaan.­­­

Link Buku : http://bit.ly/SHRMERAIP

4,602 total views, 3 views today