Bandung – Organisasi perlu berevolusi untuk mengatasi peta bisnis yang berubah. Organisasi membutuhkan teknologi yang fokus pada hasil, inovasi dan peningkatan berkelanjutan. Idealnya penggunaan teknologi didorong oleh kebutuhan bisnis. Transformasi digital dasarnya adalah transformasi bisnis. Beberapa perusahaan lebih suka menyebut transformasi bisnis digital di mana lebih sesuai dengan aspek bisnisnya. Transformasi bisnis digital dapat dipahami sebagai percepatan kegiatan bisnis, proses, kompetensi, dan model untuk sepenuhnya memanfaatkan perubahan dan peluang teknologi digital.

Telkom Corpu yang merupakan unit di bawah Telkom, juga merupakan salah satu unit yang sudah mempersiapkan diri untuk berubah menjadi Telkom Digital CorpU sejalan dengan arah perubahan bisnis Telkom menuju perusahaan digital.

Sejak Selasa (19/11), tim komunikasi Telkom Digital CorpU secara marathon melakukan komunikasi tentang perubahan ini melalui berbagai media, maka pada Rabu siang (20/11) Telkom CorpU menggelar Ngobras (Ngobrol Bareng Santai) SGM Telkom CorpU Bambang Budiono (BamBu) di Indigo Theater Kampus Telkom CorpU Bandung dengan tema “Get Ready for Telkom Digital CorpU”. Acara ini diikuti seluruh karyawan Telkom CorpU Bandung serta para karyawan Telkom CorpU yang berlokasi di Learning Area 1 hingga Learning Area 7 melalui video conference.

Acara diawali dengan laporan hasil sosialisali melalui polling yang beberapa hari sebelumnya sudah disebarkan oleh tim komunikasi yang berasal dari Culture Agent dan Culture Booster (CA/CB) Telkom CorpU. Berdasarkan polling yang dilakukan diperoleh hasil bahwa awareness karyawan Telkom CorpU sebesar 81% dari total responden 153 karyawan dan tingkat understanding sebesar 86% dari total responden 105 karyawan. Melihat hasil polling tersebut, guna meningkatkan awareness dan understanding karyawan, tim komunikasi dengan persetujuan SGM bersepakat untuk menggelar komunikasi secara face to face, yang dikemas dalam bentuk NGOBRAS.

BamBu mengatakan Konsep transformasi organisasi Telkom Digital CorpU sudah dipresentasikan di hadapan CHCO Telkom Edi Witjara dan mendapat dukungan penuh, bahkan Edi Witjara memberinya nama Telkom Digital CorpU.

BamBu mempresentasikan konsep atau hasil sementara transformasi yang telah dilakukan secara mandiri oleh tenaga internal yang memiliki kompetensi mumpuni di bidang organisasi manajemen dan bisnis. Dengan kata lain transformasi organisasi yang dilakukan oleh Telkom CorpU sama sekali tidak memakai konsultan. “Hasil transformasi ini belum final, untuk itu dalam acara NGOBRAS ini kami butuh masukan dari seluruh rekan-rekan CorpU termasuk yang ada di Area-1 hingga Area-7,” jelas BamBu.

Lebih lanjut disampaikan BamBu bahwa CorpU sudah harus mulai mengevaluasi cara kerja dan mencari cara baru yang lebih cerdas untuk mencapai hasil yang diinginkan. Salah satu upaya yang paling mungkin untuk dilakukan saat ini adalah transformasi digital. Tanpa transformasi pun CorpU sudah well performed dan tiga kali mendapat penghargaan secara overall yang berkelas dunia. Namun perlu pahami, bahwa perubahan dalam dunia bisnis saat ini sifatnya tiba-tiba dan unpredictable, sehingga jangan sampai berhenti di comfort-zone. Hal yang abadi adalah perubahan dan perubahan itu sendiri adalah sebuah keniscayaan.

Transformasi digital bukan hanya tentang perubahan dan inovasi, tapi juga tentang bagaimana teknologi ini diadopsi dan digunakan, sehingga inovasi membawa manfaat bagi perusahaan. Transformasi digital juga harus mampu meningkatkan pemberdayaan karyawan. Artinya, kinerja pegawai menjadi lebih efektif dan efisien. Transformasi digital sekali lagi tidak hanya sekadar penerapan teknologi dalam kegiatan organisasi. Tapi bagaimana organisasi mampu berubah dan mengembangkan pada tiap level organisasinya melalui teknologi sehingga mencapai hasil yang ingin dicapai.

BamBu menjelaskan secara rinci mulai dari background, roadmap, Telkom CorpU Building Block hingga staging implementation. Hal ini dilakukan dengan harapan semua karyawan Telkom CorpU tak hanya tahu dan mengerti tapi mereka juga mau memberikan masukan untuk proses selanjutnya dari Telkom Digital CorpU. (LA5 Surabaya/ola/nwl/Red01)

484 total views, 1 views today