Surabaya – Kajian Islam LA-5 dalam bentuk Kultum kali ini membahas tentang sedekah yang disampaikan oleh seorang muallaf murid Aa Gym yakni Ustadz Koh Dennis Lim. Seperti biasa kultum dilaksanakan di Musala Baitul Ilmi CA-5 Jln. Gayungan PTT No. 17-19, Surabaya, Kamis (21/11).

Ia mengatakan bahwa sedekah merupakan perilaku terpuji yang begitu disukai Allah SWT dan begitu dianjurkan bagi yang mempunyai rezeki lebih. Harta yang dimiliki sebagiannya adalah hak orang-orang yang tidak mampu, maka harus mengeluarkan hak mereka agar harta kita menjadi bersih. Dengan bersedekah akan membersihkan harta-harta kita.

Dalam mengobati penyakit secara umum ada dua cara, yakni ikhtiar dan doa. Ikhtiar dilakukan dengan berobat ke dokter, meminum atau memakan obatnya, lalu disempurnakan dengan doa dan bersedekah. Namun belum banyak yang menyadari bahwa salah satu obat mujarab, sebut saja ‘obat ekstra’ bagi sebuah penyakit adalah sedekah. Sebagaimana hadits: “Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan bersedekah” (Hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al-Albani di dalam Shahih al-Jami’). Rasulullah SAW sudah mengajarkan kepada umat-umatnya untuk mengutamakan bersedekah. Sedekah akan membuat hidup menjadi barokah. Allah juga berjanji bahwa bersedekah tidak membuat menjadi miskin.

Sejatinya sedekah bisa sembuhkan penyakit, setiap penyakit memang ada obatnya. Jika sebuah penyakit tidak sembuh juga meski sudah berobat ke mana-mana dan dengan berbagai macam obat, maka kemungkinan sang obat penyembuh belum ditemukan. Hakikatnya tentu saja belum ada izin Allah SWT untuk kesembuhannya. Dengan demikian, bersedekah, selain akan membuat harta kita berkah dan bermanfaat, juga bisa menjadi wasilah datangnya kesembuhan dari Allah SWT atas penyakit yang diderita. Ada seorang wanita sakit Leukemia Alhamdulillah berangsur sembuh berkat rajin bersedekah yang mana semua itu adalah atas izin Allah SWT.

Syaikh Sulaiman Bin Abdul Karim Al-Mufarrij sebagaimana dikutip Al-Sofwah berkata “Wahai saudaraku yang sedang sakit, sedekah yang dimaksudkan dalam hadits ini adalah sedekah yang diniatkan untuk memperoleh kesembuhan. Boleh jadi, Anda telah banyak melakukan sedekah, tetapi hal itu tidak Anda lakukan dengan niat untuk mendapatkan kesembuhan dari Allah SWT. Oleh karena itu, coba Anda lakukan sekarang dan tumbuhkanlah kepercayaan dan keyakinan bahwa Allah SWT akan menyembuhkan diri Anda. Isilah perut para fakir miskin hingga kenyang, atau santunilah anak yatim, atau wakafkanlah harta Anda, atau melakukan sedekah jariah, karena sesungguhnya sedekah itu dapat mengangkat dan menghilangkan berbagai macam penyakit dan berbagai macam musibah dan cobaan.Wahai saudaraku yang sedang sakit, janganlah Anda bakhil terhadap diri Anda sendiri. Sekaranglah waktunya untuk sedekah” (Shifatun ‘Ilaajiyyah Tuzilu Al-Amraadh bi Al-Kulliyyah). (LA5/Red01)

4,495 total views, 8 views today