Surabaya – Seperti biasa Kultum LA-5 selalu dilakukan setiap hari Senin dan Kamis. Kultum dilaksanakan di Musala BAITUL ILMI LA-5 Jln. Gayungan PTT Nomor 17-19 Surabaya, Kamis (28/11). Adapun tema yang diangkat tidak asing yaitu tema “Dibalik Kesulitan Ada kemudahan”. Tema ini sesungguhnya sangat inspiratif bagi semua, sebab tak jarang jika orang mendapat kesulitan atau musibah biasa selalu mengeluh yang diutamakan, bahkan lebih fatal lagi jika berputus asa.

Ustadz Koh Dennis Lim selaku penceramah tetap setiap Senin dan Kamis, bahwa setiap kesulitan ataupun musibah itu selalu ada hikmahnya. Untuk itu tetap yakin bahwa Allah adalah Yang Maha Mengetahui dibalik semua musibah. Allah pasti punya skenario tersendiri, dan semua akan indah pada saatnya. Dijelaskan Ustadz Koh Denni Lim, bahwa Allah pasti baik terhadap hambaNya yang beriman dan taat. Barang siapa yang bertaqwa pasti ada jalan keluar atau solusi.

Pada surat Alam Nasyroh, Allah Ta’ala berfirman, “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 5). Ayat ini pun diulang setelah itu, “Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 6). Ibnu Rajab telah mengisyaratkan hal ini. Jika kesempitan itu semakin terasa sulit dan semakin berat, maka seorang hamba akan menjadi putus asa dan demikianlah keadaan makhluk yang tidak bisa keluar dari kesulitan. Akhirnya, ia pun menggantungkan hatinya pada Allah semata. Hal ini hakikat tawakkal pada-Nya. Tawakkal tersebut menjadi sebab terbesar keluar dari kesempitan yang ada karena Allah sendiri telah berjanji akan mencukupi orang yang bertawakkal pada-Nya.

Sabar menanti adanya kelapangan adalah solusi paling ampuh dalam menghadapi masalah, bukan dengan mengeluh dan berkeluh kesah. Imam Syafi’i pernah berkata dalam bait syair, Bersabarlah yang baik, maka niscaya kelapangan itu begitu dekat. Barangsiapa yang mendekatkan diri pada Allah untuk lepas dari kesulitan, maka ia pasti akan selamat. Barangsiapa yang begitu yakin dengan Allah, maka ia pasti tidak merasakan penderitaan. Barangsiapa yang selalu berharap pada-Nya, maka Allah pasti akan memberi pertolongan. (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 7: 598). (CorpU_Surabaya/red01)

2,361 total views, 3 views today