Bandung – SM Leadership Academy Asep Mulyana menutup Great People Managerial Program (GPMP) III Batch 41 dan GPMP V Batch 27 di International Expansion (INEX) Room pada Jumat (17/1). Turut hadir Mgr. Learning Delivery & Evaluation Leadership Academy Ahmad Bramantio (Bram). Mengawali sambutan, Asep memberikan tips untuk menjadi leader yang berwibawa. “Saya di sini memberikan tips bagaimana menjadi leader yang berwibawa. Kita sudah mengikuti program leadershipGPMP nah kita harus jadi leader yang berwibawa, karena ketika leader itu berwibawa maka followers kita akan bekerja dengan baik, ketika kita sebagai leader tidak berwibawa, maka followers kita tidak akan bekerja dengan baik. Cara untuk menjadi seorang leader yang berwibawa yaitu leader yang tahu siapa followers-nya. Pertama, kita harus tahu followers kita itu kira-kira kebutuhannya apa, kemudian apa yang membuat dia bekerja dengan baik, termotivasi untuk bekerja dengan baik. Jadi kita harus berinteraksi dengan followers itu. Kedua, leader yang tahu situasinya seperti apa.

Kalau saya gambarkan leader yang berwibawa seperti bangunan rumah, fondasinya itu adalah trust dan followers”, jelas Asep. Selain itu, Asep juga mengatakan cara untuk mendapat trust dari followers. “Agar kita mendapat trust ini caranya, pertama kita harus mengadopsi problem-nya seperti apa. Kemudian problem itu kita solusikan, itu menjadi success story bagi kita. Jadi fondasi trust itu makin kuat ketika kita banyak success story. Kedua, kita harus tunjukkan bahwa kita bisa mengambil keputusan, show that you can make decision. Ketiga, tentu anda harus tegas, teguh pada prinsip bahwa ini keputusan saya. Trust juga muncul dari respect, itu juga akan memperkuat bangunan rumah tadi. Respect itu terdiri dari, pertama apa yang anda sampaikan, itu yang anda lakukan. Kemudian usahakan kita bisa menginspirasi followers kita. Berikutnya, humble. Itulah kira-kira bangunan rumah sebagai leader yang berwibawa”, kata Asep.

Sebelumnya, Bram mengumumkan peringkat tiga teratas dari GPMP III Batch 41. Peringkat pertama diraih Renny Agung Lestariani, NIK 800034 dari T-Reg V; peringkat kedua diraih Rusdianawati, NIK 700275 dari T-Reg VI; peringkat ketiga diraih T. Fauzan, NIK 790042 dari T-Reg I. Sedangkan peringkat tiga teratas dari GPMP V Batch 27, peringkat pertama diraih Mayangsekar Agintiara, NIK 930071 dari Divisi Information Technology; peringkat kedua diraih Fernandes Parulian Sinaga, NIK 920229 dari Divisi Information Technology; peringkat ketiga diraih Adam Muhammad Kamil, NIK 910105 dari T-Reg II.

(*ykb/Red01)

439 total views, 1 views today