Surabaya – Banyaknya informasi yang terkumpul tentang COVID-19 (Corona Virus Desease-19) terutama tingkat penyebarannya yang cepat (Spread Rapidly) , maka Musala Baitul Ilmi LA-5 Jln. Gayungan PTT No. 17-19 Surabaya dibersihkan lantainya dan digulung karpetnya, sehingga para jamaah jika shalat tanpa karpet. Para jamaah dianjurkan membawa alas shalat atau sajadah sendiri-sendiri. Hal ini dilakukan dalam rangka langkah preventif terhadap virus corona, Senin (16/3).

Demi terciptanya lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman, seluruh karyawan dihimbau pula untuk membersihkan ruang kerja masing-masing. Banyak informasi akurat mengenai pencegahan yang dibagikan via medsos terutama yang berasal dari WHO (World Health Organization) memang harus ditindaklanjuti. Info dari medsos memang sangat membantu masyarakan dalam upaya preventif COVID-19.

Informasi-informasi yang akurat dan tersebar luas tersebut memang mampu membantu mengatasi kecemasan kita seputar virus tersebut, apalagi sumbernya dari Lembaga Kesehatan Dunia atau WHO maupun dari Pemerintah. Mulai menghindari bersalaman sampai kepada menyentuh benda atau obyek tertentu diinformasikan secara jelas. Lokasi atau obyek tertentu antara lain obyek wisata, Mall, tempat keramaian termasuk masjid harus dijaga kebersihannya.

Dari informasi yang terkumpul dari medsos maupun dari mass media cetak dan elektronik, maka Pemerintah memberikan tips preventif, antara lain :

  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama paling tidak 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan hand sanitizer berbasis alkohol dengan paling tidak 60% alkohol.
  • Hindarilah menyentuh mata, hidung, dan mulut.
  • Hindari kontak dekat dengan orang-orang yang sakit.
  • Jika Anda batuk atau bersin, lakukan di lengan baju Anda, atau gunakan tisu. Buang tisu itu dengan segera ke tempat sampah yang tertutup, lalu bersihkan tangan Anda.
  • Bersihkan permukaan secara berkala menggunakan desinfektan. Misalnya: bersihkan selalu bangku dapur dan meja kerja.
  • Hindari melakukan perjalanan jika Anda terkena demam dan/atau batuk. Setelah pulang, hubungi tenaga profesional di bidang kesehatan dan ceritakan dari mana saja Anda.
  • Jika merasa tidak sehat, tinggallah di rumah dan hubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

Demikian rangkaian informasi singkat pencegahan COVID-19 terutama dalam hal yang bersifat prefentif, dengan harapan langkah tersebut membantu kita semua dari terjangkitnya virus yang tidak kita harapkan. (CorpU_Surbaya/Red01)

426 total views, 2 views today