Bandung – Kondisi pandemik COVID-19 yang sedang melanda negeri kita, membuat hampir seluruh proses yang terjadi dituntut untuk menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Tidak terkecuali dengan proses yang ada di Telkom CorpU, salah satunya adalah proses pengembangan kompetensi. Pada masa pandemik yang mayoritas memberlakukan sistem kerja secara Work From Home (WFH), seluruh metoda pelatihan di Telkom CorpU dilakukan secara online, tidak ada kegiatan classical. Seperti halnya kegiatan leadership development, yaitu Great People Managerial Program (GPMP). GPMP III Batch 45 adalah batch pertama yang di-deliver full secara online, dibagi dalam dua phase, phase#1 selama 3 minggu (18/5-5/6) phase#2 selama 2 minggu (8-19/6).

GPMP III Batch 45 dibuka oleh SM Leadership Academy Asep Mulyana disampaikan Asep. “Ini merupakan pertama kalinya sesi pelatihan Leadership dilakukan secara online, sehubungan dengan terjadinya Pandemi Covid-19. Antara prihatin karena pandemi dan beruntung mungkin karena menjadi pelaku sejarah pertama kali ikut pelatihan Leadership Online, namun semua itu hikmahnya adalah mendapatkan insight, pengalaman baru, dan experience baru dari pelatihan ini,” ujar Asep

Ada yang berbeda dari GPMP III sebelumnya yaitu adanya phase #1 baik sedang WFH maupun nanti saat New Normal sudah diberlakukan, peserta belajar mandiri melalui aplikasi online Digilearn, semua materi yang terdiri dari hand out, quiz, video, dan case study sudah ada di Digilearn.

Selain mendapatkan materi, peserta pun diberikan coaching oleh para coach bersertifikat selamat 4 kali pertemuan dalam rangka penguatan pembelajaran serta pembuatan ALP dan diberikan Webinar dari Direksi anak perusahaan.

Pada phase #2 nanti bila masih diberlakukan WFH maka kelas dilakukan secara online dengan para fasilitator yg handal, setiap hari hanya 1 modul dengan pembagian waktu, sesi 1 pukul 09.00 – 11.00 WIB. Kegiatan lebih banyak diskusi, video, dan games. Peserta diberikan waktu istirahat untuk membahas short case study secara kelompok, untuk sesi 2 dimulai pukul 15.30 – 17.00 WIB yang diisi dengan presentasi case study per kelompok dan debrief. Pada phase 2 juga diberikan wawasan kebangsaan dan ada SNO selama 2 hari.

Sejak pembukaan sampai minggu ke 2 peserta sangat antusias terutama dengan adanya coaching dari masing-masing mentor. Coaching mengenai purpose & values yang dibawakan oleh Tim Expert Telkom CorpU yang di-lead oleh Agus Riyanto mampu membuat semua peserta antusias dan aktif bertanya.

Begitu pula dengan sesi mentoring Strategic Management in Digital Era yang dibawakan oleh John Welly dan sesi Leading Change in Digital Era oleh Subhan Iswahyudi semakin menguatkan dan mempertajam pembelajaran mandiri peserta, mereka terlihat sangat antusias dengan banyaknya pertanyaan yang sangat relevan dengan perkembangan bisnis saat ini.

Suatu keuntungan bagi peserta bahwasanya para coach dan fasilitator yang mengawal kelas GPMP III Batch 45 ini terdiri dari para Expert Telkom CorpU unggulan dan beberapa karyawan terbaik yang berasal dari unit lain antara lain Dwi Heriyanto, Rina D. Pasaribu, Oki Wiranto, Ali Soemawilaga, Syarif Patriana, Agus Riyanto, Sisgiyanto, A.M Soma, Aah Ahadiat, Subhan Iswahyudi, Hadi Lestari, Richard Alberto, Endang Susilowati, Subroto Marzuki, Eppy Priyatna, Alit Wijayana, Sjaftiningsih, Daryanto, dan Amir Fauzi. (nwl/red01)

501 total views, 1 views today