Bandung – Expert Pitstop menjadi agenda rutin yang dilakukan seperti pada kali ini Senin (24/8). Menurut Subhan selaku moderator, Expert Pitstop terinspirasi dari perlombaan balap mobil di mana para pembalap berhenti sebentar untuk mengisi bahan bakar, membetulkan ban atau membetulkan kerusakkan yang terjadi. Sama halnya dengan saat ini, ketika kita sedang di rumah tapi tetap harus re-charge pengetahuan jelas Subhan.

“Filosofi ini kita gunakan di Telkom CorpU sebagai agenda rutin kita setiap Senin sore jam 4 sampai jam 5, di antaranya melakukan review terhadap materi yang kita sajikan kepada para pembelajar kita kemudian membahas hal-hal yang akan kita deliver di agenda berikutnya,” tutur Subhan sebelum memulai Expert Pitstop ini.

Pada sesi ini akan diisi oleh Budiasto selaku Faculty Member Telkom CorpU dengan topik “Creating an Engaging Video Learning”. Expert Pitstop disiarkan melalui aplikasi CloudX dan siaran live di channel Youtube Cognitium Digital Studio. Usai memaparkan sedikit tentang teknik video learning, Budiasato menampilkan video animasi buatannya yang bercerita tentang bagaimana pergi ke pantai Losari.

Budiasto menjelaskan tutorial bagaimana cara ia membuat video animasi tersebut, menggunakan beberapa aplikasi. Salah satu aplikasi utama yang ia gunakan yaitu, Video Scribe untuk membuat video animasi juga Camtasia untuk mengedit video dan suara. Seperti yang dilansir dari Tirtamedia.co.id, Videoscribe adalah software yang bisa digunakan dalam membuat design animasi berlatar putih dengan sangat mudah.

Software dikembangkan pada tahun 2012 oleh Sparkol, salah satu perusahaan yang ada di Inggris. Tepat setahun setelah dirilis dan dipublikasikan, software sudah mempunyai pengguna sebesar 100.000 orang lebih. Video Scribe bisa di download melalui www.videoscribe.co/en dan akan mendapatkan free trial selama 7 hari.

Selain itu, Camtasia aplikasi video editing buatan Techsmith sendiri merupakan aplikasi video editing yang tergolong mudah untuk para pemula karena menu-menu yang disediakan terbilang simpel dan mudah dipahami. Camtasia juga bisa dengan mudah kita download di www.techsmith.com

Tutorial yang diberikan oleh Budiasto sangat mudah untuk dipahami dan diikuti langkah-langkahnya. Sehingga video learning yang akan dibuat bisa lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa peserta cukup antusias dengan materi ini, dilihat dari banyaknya pertanyaan di chat room CloudX. Sayangnya waktu yang terbatas membuat sesi tanya jawab tidak sempat terlaksana.

Sebelum Expert Pitstop ini berakhir, acara ditutup dengan closing statement dari Budiasto. “Dengan menggunakan empat aplikasi ini Video Scribe, Camtasia , Any Video Converter dan Videoder kita bisa membuat animasi baik untuk video learning maupun untuk powerpoint presentation kita bisa insert-kan sehingga tampilan powerpoint kita lebih menarik dan animasi sesuai dengan keinginan kita sendiri,” jelas Budiasto. (jilan/ola/Red01)

266 total views, 3 views today