Semarang – Salah satu hal terpenting dalam kegiatan bisnis adalah bagaimana perusahaan mampu mempertahankan loyalitas pelanggan menjadi konsumen perusahaan. Atas dasar permasalahan tersebut, Consumer Academy dengan CorpU Semarang menggandeng MarkPlus menyelenggarakan pelatihan Customer Relationship Management (B2B). Pelatihan ini diikuti oleh 51 peserta dari berbagai TR dan dilaksanakan selama dua hari pada hari Senin-Selasa (14-15/09).

Maya Asmayasari expert dari MarkPlus menjelaskan Customer Relationship Management atau disingkat CRM adalah proses berkelanjutan menjaga hubungan dengan customer, karena jika dikelola dengan baik akan membuat perusahaan dapat mengembangkan dan mengukur kemampuan untuk Get, Keep and Grow Customer.

Pada era persaingam yang ketat seperti sekarang ini customer relationship menjadi hal penting. Maya menambahkan karena mendapatkan customer baru dapat membutuhkan tenaga lima kali lebih banyak daripada mempertahankan customer existing, serta Customer Profitability cenderung naik sejalan dengan angka customer yang dipertahankan”.

Maya menuturkan ada tiga hal utama yang perlu dilakukan agar customer bisa dipertahankan. “Bagaimana kita mampu memenuhi ekspektasi customer, selain itu membangun personal trust dengan customer dan menjaga hubungan institusional,” jelas Maya.

Selain itu , Manager CorpU Area 4 Semarang Sugiyarto Otit menambahkan menjaga customer relationship menjadi hal penting.

“Di era pandemi ini menghasilkan customer baru membutuhkan effort yang lebih besar daripada mempertahankan customer yang sudah loyal dengan produk kita,” papar Sugiyarto. (Bayu/TC4Semarang/ola/red01)

271 total views, 1 views today