Bandung – Litigation menjadi topik utama yang akan di angkat kali ini di Expert Insights Series #21 pada Rabu (23/9). Kegiatan tersebut menghadirkan langsung Bambang Fajarisman selaku Coach, Advokat, Konsultan Hukum Pasar Modal Faculty Member Telkom CorpU. Tak lupa Expert Insights ini selalu disiarkan melalui aplikasi CloudX dan kanal Youtube Cognitium Digital Studio.

Dalam melakukan kegiatan bisnis, mengejar target revenue dan profit tidak menutup kemungkinan akan ada kasus-kasus perorangan ataupun korporasi. Maka dari itu penting pemahaman terkait undang-undang mengenai hukum. Disini Bambang Fajarisman akan berbagi pengetahuan terkait bidang hukum.

“Kita hidup di negara hukum dan kita tidak akan lepas dari hukum yang berlaku di negara ini”, tutur Bambang sembari membuka materi.

Pria kelahiran Jakarta memaparkan bahwa sistem hukum di dunia ini ada empat yaitu, Sistem Hukum Islam, Sistem Hukum Komunis, Sistem Anglo Saxon (Common Law) dan Sistem Hukum Eropa Continental (Civil Law). Indonesia sendiri menganut sistem hukum Eropa Continental atau civil law.

Civil law sendiri yang berlaku di Indonesia terbagi lagi kedalam tiga bagian yaitu, hukum privat, hukum publik dan hukum khusus. Didalam hukum publik sendiri terdapat hukum pidana, disini Bambang menekankan pembahasan terkait dasar dari hukum pidana. Tahapan proses litigasi kasus pidana ada empat, yang pertama penyelidikan, kemudian penyidikan, lalu penuntutan dan yang terakhir pengadilan. Sedangkan litigasi sendiri seperti yang dikutip dari komisiinformasi.bantenprov.go.id merupakan penyelesaian masalah hukum melalui jalur pengadilan. Umumnya pelaksanaan gugatan disebut litigasi.

Sebelum tahapan litigasi pidana dilaksanakan, ada beberapa langkah yang dibutuhkan oleh penegak hukum khususnya polisi yaitu alat bukti yang terbagi menjadi lima di antaranya, keterangan saksi, keterangan ahli, surat, petunjuk dan keterangan terdakwa. Kemudian ada juga barang bukti yang merupakan suatu alat untuk membuktikan kasus pidana terkait. Contohnya, pistol, uang, rumah dan lain-lain.

Kemudian sebagai penutup materi Bambang juga memetakan skema ruang pengadilan. “Rekan-rekan kalo jalan-jalan jangan ke mall aja, jangan ke tempat wisata aja. Sesekali jalan-jalan, walking-walking around ke pengadilan negeri”, ajak Bambang dengan santai.

Sesi terakhir acara-pun ditutup dengan tanya jawab yang memakan waktu cukup panjang bersama Sobat Expert Insights. (Jilan/Ola/nwl/Red01)

145 total views, 1 views today