Bandung – “Does Financial Literacy Affect Market Discipline?” merupakan tema yang dibawakan oleh Periset Literasi Keuangan dan Disiplin Pasar yang juga Faculty Member Telkom CorpU yaitu Dr. AM Soma dalam acara Expert Insights Series #22. Acara tersebut diselenggarakan melalui aplikasi CloudX dan kanal Youtube Cognitium Digital Studio pada Rabu (30/9).

Topik yang dibahas kali ini tentang kejadian populer yang terjadi di masyarakat. Oleh sebab itu, Soma ingin membahas lebih lanjut secara dasar sesuai dengan kutipan Alan Greespon bahwasanya Financial Literacy is the number one problem in today’s generation and economy is the lack of financial literacy di mana ternyata permasalahan utama generasi dan ekonomi saat ini adalah kurangnya literasi keuangan.

”Ternyata masalah-masalah keuangan itu adalah penyebab stress utama atau penyebab stress nomor satu bagi para pekerja, ini adalah hasil riset, dan ini merupakan riset baru. Riset yang ditemukan oleh PwC US pada tahun 2019, di dalam pekerjaan itu yang bikin stress itu bukan tentang pekerjaan itu sendiri karena hanya 15%, tentang hubungan 12%, masalah kesehatanpun hanya 10%, masalah lainnya hanya 4%. Maka yang dibilang paling dahsyat adalah masalah keuangan 59%, dan hal tersebut menjadi sebuah tantangan didalam kerjaan,” jelas AM Soma.

Berbicara mengenai financial literacy, Soma menjelaskan bahwa pemahaman tentang konsep-konsep dan aplikasi keuangan yang kemudian digunakan untuk sebesar-besarnya financial willbeing.

“Jadi kalau paham doang tapi tidak memberikan kesejahteraan keuangan itu bukan literacy keuangan. Hanya konsep hafalan doang. Nah itu saja tidak cukup ternyata karena di dalam investasi ada satu ilmu yang disebut dengan market discipline,” sambung Soma.

Pada dasarnya market disicipline merupakan suatu otoritas dari pemilik dana atau nasabah untuk menarik dananya, apabila sang pengelola investasi sudah mulai menawarkan exit alhasil sudah mulai mendapatkan righten luar biasa tingginya. Dengan demikian timbul beberapa aspek dari market discipline Scheme, yang perlu dipahami jika melakukan market disicipline. Pada blok-1 information and disclosure, blok 2 market participants, Blok 3 discipline mechanisme, dan terakhir blok 4 Internal Governance.

Melalui investasi tentunya ada hal yang harus dipahami seperti yang telah disebutkan beberapa tahapan di atas agar investasi dapat berjalan lancar. Soma pun menjelaskan ada kata kunci 10 tips berinvestasi aman dan menguntungkan yang perlu kita pahami, setiap investasi memiliki risiko, ketahui profil risiko pribadi, sisihkan uang, curigai dan imbangi hasil tinggi, bandingkan bunga, teliti badan hukum, kenali profil perusahaan, cek keabsahan produk investasi, tidak transparan, dan sikapi uangmu di appstore atau playstore.

Usai pemaparan materi selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penutup kesimpulan dari Soma.

“Tingkat pendidikan tidak menjamin pemahaman pengelolaaan keuangan yang lebih mempertimbangkan keuntungan dibandingkan risiko keuangan dalam pengambilan keputusan keuangan,” tutup Soma. (Anggy/ola/nwl/Red01)

143 total views, 2 views today