Jakarta – Dalam rangka mendorong kapasitas dari Account Manager (AM), Enterprise Academy berkolaborasi dengan Group of Faculty Member (GoFM) dan Direktorat EBIS berupaya memfasilitasi proses pembelajaran bagi AM, salah satunya dengan webinar Trusted Advisor secara daring. Webinar tersebut merupakan sebuah kegiatan yang menghadirkan berbagai tema transformasi digital yang sudah dilakukan AM untuk pelanggan Telkom. Kegiatan Trusted advisor yang merupakan sharing experience dari para AM mengenai success story dalam membantu berbagai layanan dan solusi bagi corporate customernya ini dilaksanakan Selasa (6/10) mulai jam 07.45 – 09.30 WIB dipandu oleh Host Deni Hermawan dan Shapira Diella Varianty dengan 3 AM yang menceritakan kisah success story mereka pada saat meng-handle customer.

Panel Speaker yang pertama Ira Rahmaniah Nurizzati dari Witel Kalimantan Barat menceritakan success story tentang Solusi ICT untuk Fasilitas Pendidikan, bagaimana memberikan total solution (ICT) untuk cluster pendidikan, terutama di SMK N 1 Kelam Permai berupa pembangunan laboratorium fiber optik dan Sekolah Tinggi Agama Katolik Pontianak (STAKAT) berupa perangkat ICT (Laptop, komputer all in one, mesin foto copy, infocus, dan camera digital).

Panel Speaker berikutnya Ika Julin Yoningsih Oray dari Papua Barat, yang menceritakan success story-nya tentang Pemanfaatan Palapa Ring Timur Dalam Rangka Pemenangan Corporate Customer Local Goverment di Papua Barat. Pemanfaatan Palapa Ring Timur dalam memenuhi tuntutan kebutuhan connectivity di Pemerintahan Provinsi, Kabupaten & Kota di Papua Barat di mana dibahas tentang bagaimana solusi pemenuhan kebutuhan di Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni yang masih tetap setia menjadi pelanggan Telkom sejak tahun 2017 – sekarang dengan memanfaatkan jaringan Palapa ring timur

Panel Speaker yang terakhir Nuri Fajariyanah dari Unit Goverment & Enterprise Service Bandung, menceritakan success story-nya Supporting Business Transformation & Surviving During Pandemic in Railway. Nuri Fajariyanah membagikan success storynya pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) di mana adalah salah satu perusahaan yang berhasil mentransformasikan bisnisnya sehingga tercipta pelayanan yang lebih baik bagi penumpang. Selama perjalanan transformasi bisnisnya, Telkom menjadi salah satu partner bisnis KAI sejak 2011 terutama dalam digitalisasi proses Penjualan Tiket Kereta seperti E-Ticketing, Vending Machine, Network, dan lain-lain. Pada era pandemik, PT KAI mengalami penurunan bisnis karna berkurangnya jumlah perjalanan KA dan pembatasan penumpang. Efisiensi anggaran mencapai 50% lebih. Telkom melakukan beberapa upaya agar relationship tetap terjalin dengan kondisi keuangan KAI yang belum recovery.

Berbagai pengalaman AM tersebut, ada beberapa hal yang di-highlight oleh Selamat Martua selaku expert Telkom CorpU antara lain bahwasanya AM sebagai trusted advisor mempunyai perilaku masing-masing dalam pendekatan customer. Adapun di antaranya ada yang mengenali culture dari customer dengan Map Kabupaten mempelajari visi misi Kabupaten tersebut sehingga mendapatkan potensi dan kepercayaan dari customer. Dengan demikian, ke depannya mendapatkan dukungan dari para Senior Leader. Tak hanya itu dalam pendekatan customer para Panel Speaker kita juga memahami kebiasaan dari para customer dengan identifikasi etika bisnis sehingga menimbulkan kepercayaan, bagaimana memberikan empati kepada customer dan memberikan solusi terhadap masalah yang mereka hadapi sehingga pada saat normal hal ini akan menjadi sesuatu yang sangat luar biasa. Ide yang baik diawal dalam menjalin hubungan, merupakan peluang besar bagi kita dengan membantu memikirkan solusi dari customer kedepannya cutomer akan menganggap sebagai single point of contact.

Kegiatan Trusted Advisor yang sudah dimulai sejak bulan Agustus 2020 saat ini sudah memasuki series ke-13, dan sudah banyak para Trusted Advisor yang membagi success story kepada para AM.

Acara tersebut dibuat berkesinambungan dan menghadirkan berbagai tema transformasi digital yang sudah dilakukan AM untuk pelanggan Telkom Indonesia. Adanya kegiatan tersebut diharapkan memberikan manfaat, khususnya bagi para AM sehingga dapat memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan Telkom Indonesia. *(Purwo/nwl/red01)

281 total views, 1 views today