Jakarta – Dalam rangka mendorong kopentensi seorang Account Manager (AM), Enterprise Academi membuatkan pembelajaran secara daring dengan tagline “Webinar Trusted Advisor” yang dibuat berkesinambungan setiap Selasa pada setiap minggunya (13/10). Kegiatan tersebut dipandu oleh host Ira Rahmaniah Nurrizati dan Nuri Fajariyanah menghadirkan Success Story dari para Trusted Advisor, dengan berbagai tema transformasi digital.

Seorang AM dituntut untuk selalu menjaga integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya dan terus bergerak dari hanya sebagai strategic bussiness partner, kemudian menuju trusted advisor. Upaya untuk menjalankan tugas demikian tidak mudah maka minimal memiliki kemampuan yang sama dengan customer yang dihadapi dan pentingnya kompetensi untuk menjaga profesionalisme

Pada kesempatan ini ada 3 panel Speaker yang berbagi cerita. Adapun Panel Speaker yang pertama adalah Nyimas Tatiek yang bercerita tentang Business Challenges in Media Transformation, Media TV Transformation from Analog to Digital. Ia memberikan presepsi dan insight bagaimana TV Analog bertransformasi di era digital dan beradaptasi dengan perubahan teknologi yang dinamis, khususnya pada customer media TV Free To Air yaitu TVRI, SCTV, dan Indosiar. Ia memaparkan bagaimana TVRI, SCTV dan Indosiar bertransformasi dan tetap bisa bertahan. Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi dan digital terbesar di Indonesia, memiliki peran yang sangat penting dalam transformasi digital TV, terutama untuk layanan digital seperti CDN, cloud, digitalisasi video, dan tentunya connectivity temporer yang dinamis untuk kebutuhan event. Konsistensi Telkom untuk memberikan layanan dan relasi yang baik terhadap customer begitu dibutuhkan, khususnya untuk dapat berkembang bersama antara Telkom dan Customer.

Pembicara selanjutnya adalah Deni Handhoko dari Divisi DBS dengan judul materi Create New Revenue from Social Media Analytic. Pada intinya, ia bercerita tentang success story dalam Social Media Analityc sebagai digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat adalah visi Telkom Indonesia tahun 2019, dalam upaya mewujudkan cita-cita perusahaan. Beberapa cara ditempuh di antaranya mencoba melakukan sosisalisasi produk-produk digital kepada pelanggan sehingga produk digital layanan Social Media Analityc mampu bersaing dan menghasilkan revenue bagi Telkom.

Panel Speaker terakhir adalah Ahmad Khoirudin Anwar daeri Divisi DGS, dengan judul Handling Customer from Scratch. Ahmad memberikan Insight tentang cara meraih opportunity dengan mempererat relasi baik dengan dengan key user di customer yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Kementerian Perdagangan. Relasi baik menimbulkan trust dari customer, khususnya KKP untuk meminta saran solusi untuk lingkup ICT. Perlahan tapi pasti, solusi Telkom untuk KKP berkembang dari sebatas connectivity ke Collcocation, managed service, CCTV, dan solusi ICT lainnya. Adanya konsisten memberikan pelayanan yang terbaik dan mengelola relasi yang baik dengan customer, tentu Telkom bisa terus mendapatkan peran dalam layanan Telekomunikasi di customer pemerintahan.

Ketiga materi tersebut, ada beberapa hal yang dihighlight Amir Fauzi selaku Ekspert Corpu. Saat memberikan review, Amir menjelaskan bahwa dalam melakukan penjualan produk dapat dilakukan di antaranya pendekatan secara pribadi kepada cutomer, mengetahui dahulu siapa end customer, mengetahui permasalahan apa yang sedang mereka hadapi, dan mencarikan solusi dari permasalahan yang mereka hadapi. Sebab untuk mempertahankan agar mereka tetap keep dengan Telkom pada saat mereka bertransformasi adalah hal yang sangat sulit oleh karenanya kita harus tetap update knowledge terkaid trend indrustri dari klien.

Bagi yang penasaran dengan sharing dari para trusted advisor seri sebelumnya dapat mengakses recordingnya pada video learning trusted advisor pada aplikasi Cognitium Video (Android / IOS), maupun Digital Learning CorpU (https://digitallearning.telkom.co.id/course/view.php?id=511). *(Doni/nwl/Red01)

19 total views, 3 views today