Jakarta – Enterprise Academy beserta Divisi Enterprise Service mengadakan webinar dengan tag line PANDEMI? ‘G Nyerah pada Selasa (19/10). Kegiatan tersebut turut dihadiri EVP Divisi Enterprise Service Mohammad Salsabil, SGM Telkom Corpu Jemy Confido, serta diikuti kurang lebih 400 Account Manager (AM) dan Manager Sales yang berasal dari Segmen maupun Regional di seluruh Indonesia.

Jemmy Confido menyampaikan bahwa tetap learning di tengah pandemi banyak hal yang dipelajari, dan model pembelajaran yang personalize sangat difavoritkan. Pada era pandemik karena pengguna layanan digital tumbuh 20% dalam layanan tertentu, salah satunya pangsa pasar yang begitu menjanjikan untuk advertising.

“Momentum yang berharga perlu diraih dan kita berharap dapat insight dan gagasan baru yang dapat menjadi bisnis model yang bisa diimplementasikan dalam membantu digital market karena merupakan model bisnis digital adalah peluang yang sangat baik agar membantu customer untuk berdialog kepada customernya,” ujar Jemy.

Mohammad Salsabil menyampaikan harapannya pada saat membuka cara webinar ini. “Customer merupakan pangsa pasar yang besar dan ada keterbatasan customer, untuk itu membutuhkan bantuan dalam mencukupi kebutuhan pelanggan. Diharapkan webinar ini dapat menjawab kebutuhan customer dalam memperkenalkan produk ke custumer mereka. Materi yang diberikan bisa diimplementasikan karena pasar iklan adalah pasar yang besar di tengah-tengah pandemi walaupun di setiap segmen punya karakter sendiri, dengan webinar ini dapat membangun iklan agar menjadi realisasi,” papar Salsabil.

Pada webinar ini ada dua Panel speaker yang memberikan memberikan materinya yaitu Zeneti Sugiharti Head of Marketing Pintaria.com dengan judul materi menjual Advertising di Era Pandemik. Zeneti menyampaikan bahwasanya dalam menjual iklan ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena dapat dianalisa secara logis ketika ada aktivitas sales dan promo maka akan ada aktivitas dalam suatu perusahaan.

“Dalam beriklan, kita menjadikan customer cerdas dalam memandang suatu produk karena hal ini sangat penting untuk mempertahankan seseorang tahu dengan produk, tidak hanya itu, brand juga berpengaruh kepada iklan, kita butuh brand yang kuat dan berharap banyak kepada brand yang bisa mengedukasi untuk iklan sehingga dapat melekat pada konsumen dan juga dapat menaikkan penjualan. Pemilihan media dalam mengiklankan produk juga sangat mempengaruhi, contohnya pada saat beriklan di TV dan media digital, di TV ada beberapa kelebihan diantaranya iklan di TV akan tanyang tanpa bisa di skip, sedangkan di media digital saat kita memasang iklan terkadang dapat dikomentari langsung oleh customer hal ini sangat berpengaruh pada produk kita. Hal-hal inilah yang dapat kita perhatikan dalam beriklan. Dalam beriklan perlu juga pengukuran sangat penting tergantung goalnya untuk menganalisa seberapa berhasilnya iklan yang kita sampaikan, data penting sekali untuk bisa melihat apakah adakah kenaikan dari penjualan,” papar Zeneti.

Senior Manager Sales Divisi TV Video Telkom Riko Iskandar dengan materinya JUALAN IKLAN ? SIAPA TAKUT !!, menyampaikan bahwa sebelum menjual perlu adanya branch smart dengan menggunakan dengan media-media yang ada, siapa yang akan membeli, yang dijual apa, dan siapa yang akan membeli, atau solusi marketing dengan media yang tepat karena makin banyak iklan di suatu media berarti media itu sehat.

Beberapa hal dapat di-highlight dari materi Riko, adapun yang perlu dipersiapkan dalam menjual media iklan diantaranya yaitu penyediaan media kit, materi apa yang akan dipresentasikan dalam menjual iklan, data yang lengkap, Rate Card, materi dalam bentuk video, dan Offering Package. Hal inilah yang dibutuhkan pada saat menjual iklan. Kemudian, untuk lebih menarik ada beberapa trik yang dapat diterapkan pada saat menjual iklan yaitu mempunyai wide networking, membangun relationship yang baik, reciprocal, “Injek Kaki”. istilah tersebut dipakai bagi pelanggan yang “nyinyir” banyak bertanya dengan produk yang ada berarti yang banyak bertanya ada keingintahuannya sehingga kita bisa mengetahui ini merupakan salah satu customer yang harus didekati, special sales gimmic, dan klien signal respon.

Webinar dibuat agar di masa pandemik tetap kreatif dan produktif. Karena pada masa ini banyak orang-orang yang malas kemana-mana sehingga lebih baik mendatangi mereka di tempat nongkrong yaitu media-media digital dan tradisional. Tentunya dengan menawarkan berbagai macam produk dengan iklan yang cerdas sehingga dapat menarik para pembeli. (Doni/EA/nwl/Red01)

370 total views, 2 views today