Jakarta – Enterprise Academy kembali mengadakan kegiatan Trusted Advisor dengan menghadirkan success story dari para Trusted Advisor pada hari Selasa (3/11). Kegiatan tersebut dibawakan oleh Host Denny Kustono dari Ekspert CORPU dan Reza Arief Reka Maulana, Account Manager Eksternal Unit BGES Witel Banten

Muhamad Fahrurozi (DES) membagikan success storynya sengan judul Maintain Trus in The Midst of Bussines Competition Issues in Government Custome. Ia menyampaikan bahwa mencari peluang dan mengelola project di masa pandemi ini memang perlu disikapi secara khusus. Seperti kasus delivery layanan di salah satu customernya, di mana proses delivery menjadi terhambat dikarenakan adanya ketentuan baru, seperti penerapan protocol kesehatan untuk teknisi yang akan bekerja. Dengan demikian, perlu dilakukan negosiasi kembali dengan customer perihal tenggat waktu dan aktivitas delivery layanan tersebut. Selain itu, dengan kondisi pandemic seperti ini, pertemuan secara virtual dan komunikasi juga harus dijaga dengan customer agar hubungan baik tetap terjalin.

Panel speaker selanjutnya yang berkesempatan membagikan success story adalah Rivaldi Niadi Putra (DES) dari Witel Makasar yang membagikan success story-nya dengan judul Ensure That Your Customer Relationship Outlast Corona Virus. Pada saat mendapatkan trust dari customer hal yang pertama dilakukan adalah melakukan mapping dan membagi simple cutomer dan agile customer, dan kemudian melakukan pengawalan terhadap agile customer karena memberikan akan memberikan dampak ke Telkom. Kemudian melakukan komunikasi intens, bangun relasi kepada semua karyawan karena bila membutuhkan sesuatu harus komplek dalam menangani agile customer dan mengenali seluruh bagian pada perusahaan. Ia juga meminta company profile perusahaan sehingga dapat mengetahui rencana ke depan perusahaan, sehingga dapat tumbuh bersama perusahaan.

Teguh Nurul Fauzy (DGS) menyampaikan success story-nya pada saat menghandle customer dengan judul Insuring opportunities in Corporate Customers During a Pandemic. Ia bercerita tentang bagimana meraih kepercayaan kembali customer yang sudah hilang kepercayaan dengan jalan pada saat susah menggapai suatu birokrasi maka dimulai dengan tahapan yang paling bawah, kemudian dengan mulai meraih PIC-PIC mulai dibangun komunikasi kembali dan mengenali permasalahan mencari tahu segala sesuatu baik secara personal dan professional sehingga semua informasi terdeliver dengan baik dan dilanjutkan dengan cara koneksi dan bisa mensolusikan permasalahan dari customer

Dari keseluruhan yang disampaikan beberapa hal yang di-highlight oleh Selamat Martua selaku exspert Corpu. Ia menjelaskan agar memastikan opportunity di era pandemik, opportunity itu diciptakan dengan identifikasi relationship, komunikasi dengan memetakan pola komunikasi pada masa pandemik. Beberapa hal yang dapat diperhatikan yaitu approaching harus dapat mengikuti klien berinterkasi secara offline atau online, transparansi delivery sehingga kedua belah pihak memahami kondisi. Dalam membangun relationship kepuasan customer adalah harga mati sehingga kita berkomitmen dalam meningkatkan usaha customer. Sehingga hal-hal tersebut dapat memelihara pergerakan customer, menyelaraskan support system dengan customer ekspektasi dan dapat berkomunikasi ke atasan, sehingga atasan dapat mengetahui dukungan apa yang akan diberikan.

Kepercayaan itu layaknya sebuah cermin, dan apabila pecah akan susah menyusunnya kembali, oleh karenanya kepercayaan harus dijaga karena untuk mendapatkan kepercayaan sangat susah.

The words “trusted advisor” mean that you have business acumen. It means that you have the experience, the training, the knowledge, and the subject matter expertise to be trusted to advise your clients well.

Bagi yang ingin melihat kembali sharing dari para trusted advisor seri sebelumnya dapat mengakses video learning Trusted Advisor melalui beberapa platform yaitu aplikasi Cognitium Video (Android / IOS), Digital Learning CorpU (https://digitallearning.telkom.co.id/course/view.php?id=511) dan Mydigilearn (https://www.mydigilearn.id/webinar-list). (Cici/EA/nwl?Red01)

70 total views, 1 views today